Komitmen Polda NTB dan Wartawan Sumbawa Jaga Kondusifitas Saat Pilkada Serentak 2024

tribratanews.ntb.polri.go.id – Subdit 1 Ditintekam Polda NTB bersama wartawan kabupaten sumbawa membahas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pilkada Serentak di Provinsi NTB, khususnya di Kabuparen Sumbawa.

Pertemuan yang berlangsung di Sumbawa ini dihadiri oleh Kasubdit 1 Ditintelkam Polda NTB, Kompol Iwan Sugiyanto SH, yang memimpin diskusi mengenai peran serta masyarakat dan media dalam menjaga situasi kondusif selama proses Pilkada, Sabtu 20 Juli 2024. Kasubdit 1 Ditintelkam Polda NTB, Kompol Iwan Sugiyanto SH, S.IK menegaskan pentingnya pelaksanaan pilkada serentak yang lancar, aman dan kondusif.

“Kami berharap Pilkada berjalan lancar, aman, kondusif, tertib, tanpa ada kegiatan menonjol dan konflik,” ucapnya.

Kompol Iwan menekankan pentingnya peran media dalam menjaga Kamtibmas, dengan mengajak para wartawan untuk turut serta menjaga situasi keamanan di daerah. Kasubdit 1 juga mengingatkan agar kejadian konflik yang pernah terjadi saat pileg dan pilpres beberapa bulan lalu di salah satu kabupaten di NTB, tidak terulang lagi pada Pilkada kali ini.

“Siapa pun yang menang, mudah-mudahan bisa membawa keberkahan bagi kabupaten dan NTB. Perbedaan itu biasa, namun jangan sampai membawa perpecahan. Persatuan dan kesatuan adalah harga mati,” tambahnya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumbawa, Zainuddin, SE SH memgayakan, kegiatan ini dihadiri oleh PWI serta perwakilan dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI).

“Kita menyepakati harapan Polda NTB agar berita yang disajikan oleh media dapat menyejukkan suasana. Keinginan Polda adalah berita yang disajikan adalah berita yang menenangkan,” kata Zainuddin.

Pihak Kepolisian berharap dengan adanya kegiatan ini agar para wartawan dari seluruh media di wilayah sumbawa dapat menjaga situasi keamanan dan kondusifitas, serta tidak ikut memprovokasi.

“Tujuannya adalah bagaimana kita bisa mensukseskan perhelatan Pilbup dan Pilgub dapat berjalan damai, aman, dan wilayah tetap kondusif,” ujar Zainuddin.

Ia menambahkan bahwa peran media sangat krusial dalam membantu menjaga situasi tetap aman dan damai selama Pilkada. Pertemuan ini diakhiri dengan kesepakatan bersama untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada, serta komitmen media untuk berkontribusi dalam menjaga kondusifitas wilayah NTB.

“Dengan kerja sama semua pihak, diharapkan Pilkada Serentak di NTB dapat berjalan dengan sukses tanpa hambatan berarti,” tutup Bang Zen, sapaan akrab Ketua PWI Sumbawa.