Kasat Reskrim Polresta Mataram Pastikan Kondisi Kesehatan Tahanan

tribratanews.ntb.polri.go.id – Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Polresta Mataram Kompol I Made Yogi Purusa Utama S.E., S.I.K., M.H., melakukan pengecekan terhadap sejumlah penghuni rumah tahanan (Rutan) Mapolresta Mataram.

“Ini kita lakukan untuk memastikan seluruh penghuni tahanan yang berada di Sat Tahti Polresta Mataram dalam keadaan sehat dan tidak ada yang sakit,” terang Kasat Reskrim Kompol Made Yogi saat ditemui disela pengecekan tersebut, Rabu (05/06).

Menurut Kompol Yogi, kegiatan yang dilakukan ini sebagai wujud kepedulian Polri dalam menjamin Hak Asasi Manusia (HAM) kepada seluruh warga Indonesia, termasuk para penghuni rumah tahanan Polresta Mataram.

“Kami (Polri) menjamin Hak Asasi Manusia bagi seluruh masyarakat. Dalam kegiatan ini kita juga memberikan perhatian dan dukungan kepada mereka serta memberikan solusi atas masalah yang dihadapi,” Katanya.

Dalam pelaksanaanya, Kasat Reskrim Polresta Mataram juga sempat berdialog langsung dengan para tahanan dan menanyakan terkait keluhan atau seputar permasalahan kesehatan. Menurut Kompol Yogi hal ini bentuk komitmen Kepolisian dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh masyarakat termasuk para tahanan yang tersandung permaslahan hukum.

“Kepedulian terhadap penghuni tahanan ini dapat memberikan dampak positif bagi mereka dan mengingatkan bahwa setiap individu memiliki nilai kemanusiaan yang harus dihormati dan dilindungi,” tutupnya.

Untuk diketahui dalam pengecekan tersebut ada sebanyak 78 tahanan yang terdiri dari 71 orang laki-laki dan 7 orang perempuan dalam keadaan sehat. Kondisi ruangan tahanan juga dari hasil pemeriksaan dalam keadaan baik serta bersih.