Kapolda NTB Pesan Empat Cara Bertindak Dalam Operasi Patuh Rinjani 2024

tribratanews.ntb.polri.go.id  – Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol. Dr. Umar Faroq SH, M.Hum., memimpin pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Patuh Rinjani 2024, Senin (15/07). Tema operasi kali ini adalah “Tertib berlalu lintas demi terwujudnya Indonesia Emas”.

Apel yang dilaksanakan di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB itu menandai dimulainya operasi yang akan berlangsung selama 14 hari. Mulai tanggal 15 Juli hingga 28 Juli 2024. Pada kesempatan tersebut, Pucuk pimpinan Polda NTB itu menekankan empat cara bertindak yang sudah disiapkan.

Pertama, deteksi dini melalui sosialisasi yang dilakukan kepada masyarakat dengan memasang spanduk/baliho serta pembagian stiker imbauan dengan tertib lalu lintas. Kedua, pelatihan dengan cara melakukan penyuluhan kepada masyarakat, kelompok masyarakat, kampus, sekolah, serta kelompok/komunitas lainnya.

Ketiga, edukasi dan membangun kesadaran masyarakat tentang disiplin berlalu lintas. Keempat, mengedepankan tindakan edukatif agar masyarakat dapat memahami tata tertib lalu lintas serta tujuan.

“Operasi ini tidak hanya dilakukan di jalan raya tetapi juga di lingkungan pendidikan seperti kampus atau sekolah dan di lingkungan atau kelompok masyarakat,” kata Kapolda NTB Irjen Umar Faroq saat memimpin apel pasukan gelar.

Pelaksanaan Operasi Patuh Rinjani 2024 ini sebagai upaya kepolisian dalam meningkatkan terjaganya ketertiban masyarakat lalu lintas, guna menciptakan keamanan, keselamatan, kelancaran, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) di jalan raya.

Perwira Tinggi Polri bintang dua ini menambahkan, untuk mencapai hasil maksimal dalam operasi ini, kepolisian tidak bisa bergerak sendiri. Sehingga perlunya partisipasi pemangku kepentingan lain, seperti TNI dan pemerintah melalui sinergitas.

“Ini sebagai upaya nyata untuk melakukan suatu perubahan ke arah yang lebih baik,” katanya mengingatkan.

Upaya nyata tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kesadaran masyarakat terhadap lalu lintas. Sehingga tercipta kamseltibcarlantas di seluruh wilayah NTB untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan fatalitas.

Perlu diketahui, dalam pelaksanaan apel yang dihadiri Pj Gubernur NTB yang diwakili kepala Kesbangpol, wakapolda NTB dan para pejabat utama Polda NTB, Kasi Intel Korem 162/WB, Kadishub NTB, Danlanal Mataram, serta Danlanud ZAM ini menandai dimulainya Operasi Patuh Rinjani 2024.