Kapolda NTB : Pengamanan Pilkada 2024 Butuh Pengamanan Ekstra

tribratanews.ntb.polri.go.id. – Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB) Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol.) Raden Umar Faroq S.H., M.Hum., mengungkapkan bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024 membutuhkan pengamanan ekstra.

“Pilkada serentak 2024 di Provinsi NTB ini memerlukan pengamanan ekstra. Kita harus merencanakan pengamanan tahapan Pilkada ini dengan matang dan optimal,” kata Irjen Pol. Umar Faroq di Mataram, Senin (01/07).

Menurut pucuk pimpinan Polda NTB itu, pelaksanaan tahapan Pilkada serentak khususnya di Provinsi NTB ini berbeda dengan Pilpres. Karena euforia Pilkada lebih tinggi di daerah dibandingkan dengan Pemilihan Presiden.

“Karena peserta Pilkada yang tampil ini kebanyakan keluarga dari masyarakat sendiri yang erat hubungan emosionalnya. Tentunya, dibutuhkan sportivitas dalam berdemokrasi,” ucap Kapolda NTB.

Kapolda NTB mengatakan bahwa pihaknya bersama jajaran TNI akan mendukung kesuksesan dan keamanan kelancaran Pilkada 2024 dengan mengedepankan upaya pencegahan gangguan keamanan serta ketertiban masyarakat.

“Kami jajaran TNI-Polri di Provinsi NTB memastikan akan mengawal semua tahapan pelaksanaan Pilkada serentak ini mulai dari proses pemungutan suara di TPS hingga pelantikan calon terpilih,” ujar Irjen Umar Faroq.

Namun demikian, lanjut Kapolda NTB turut berharap dukungan dari seluruh lapisan elemen masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada 2024 ini dengan menjaga keamanan dan ketertiban. Jika masyarakat dan semua pihak bisa memberi rasa aman, Kapolda NTB yakin wisatawan tidak ragu datang ke daerah ini.

“Intinya, Polri di usia ke-78 ini siap mendukung program pemerintah pusat dan daerah. Tugas kita juga ke depan mengawal banyak acara berkelas internasional. Ada Rinjani 100, Iron Man di Senggigi, hingga MotoGP Mandalika. Kemudian ke depannya juga banyak acara lokal,” tutup Irjen Pol. Umar Faroq.