Ini Fokus Utama Polda NTB Dalam Kegiatan Musrenbang Tahun 2024

tribratanews.ntb.polri.go.id – Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) menggelar kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) Tahun Anggaran 2024 bertempat di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram. Selasa (23/07).

Wakapolda NTB Brigjen Pol. Ruslan Aspan dalam sambutannya saat mewakili Kapolda NTB Irjen Pol. Drs. R. Umar Faroq S.H., M.Hum dalam acara tersebut menyampaikan bahwa kegiatan musrenbang yang digelar pihaknya ini, menjadi bagian dari upaya untuk mencapai atau menyonsong visi dan misi Institusi Polri tahun 2025-2029.

“Yaitu terwujudnya keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polda NTB, yang selaras dengan visi Polri untuk mewujudkan Indonesia yang aman dan tertib,” kata Wakapolda NTB.

Pada kesempatan itu juga, Brigjen Ruslan memberi apresiasi kepada seluruh jajaran Polda NTB, atas berbagai capaian yang telah diraih, termasuk pengamanan rangkaian pemilu, penyelenggaraan event internasional MXGP serta penghargaan zona integritas di jajaran Polda NTB.

“Prestasi ini perlu dipertahankan dan bahkan ditingkatkan untuk tahun 2025, sebagai bentuk pertanggungjawaban Polda NTB kepada publik,” ujar Wakapolda NTB.

Tema Musrenbang Polda NTB tahun ini, sambung dia adalah “Polda NTB Presisi Mendukung Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”. Tema ini akan dijabarkan melalui berbagai sasaran prioritas pembangunan, antara lain mewujudkan sinergi antara polisi, masyarakat, dan stakeholder dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara proaktif, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik Polri yang inovatif.

Wakapolda NTB juga menekankan pentingnya persiapan oleh seluruh satuan fungsi di jajaran Polda NTB dalam menghadapi tantangan tugas-tugas di tahun 2025 mendatang. Termasuk dalam rangkaian pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Provinsi NTB.

“Kami telah mengantisipasi berbagai potensi gangguan keamanan, seperti perang informasi, politik identitas, dan penyebaran berita bohong. Polda NTB telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk menghadapinya,” jelasnya.

Disebutkan juga langkah-langkah tersebut meliputi kesiapan pengamanan seluruh tahapan pilkada 2024, pemetaan potensi risiko di setiap wilayah serta kerjasama dengan organisasi dan tokoh masyarakat, untuk menjaga situasi tetap kondusif.

“Kami juga akan menggandeng media massa untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban,” ucap Wakapolda NTB.

Musrenbang kali ini, sambung Brigjen Ruslan diharapkan dapat menghasilkan kebijakan dan strategi yang tepat, serta penajaman program maupun kegiatan antar satuan kerja di lingkungan Polda NTB.

“Pendekatan holistik, tematik, dan terintegrasi secara spasial, akan menjadi kunci dalam menyusun (Renstra) Polda NTB untuk tahun 2025-2029,” tandasnya.

Selain itu, Ruslan juga mengingatkan para pejabat utama dan peserta musrenbang melakukan sinkronisasi dan penyesuaian program serta memastikan sasaran prioritas yang direncanakan dapat dilaksanakan dan bersifat akuntabel.

“Dukungan anggaran tahun 2025 harus diantisipasi, termasuk penanganan kelompok radikal dan terorisme, tindak pidana perdagangan orang, serta optimalisasi pelayanan publik,” pungkasnya.