Hari ini, Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Smelter PT Amman Mineral di Sumbawa Barat

tribratanews.ntb.polri.go.id – Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan pabrik pemurnian tembaga dan logam mulia milik PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Senin, 23 September.

“Agenda utama kunjungan Presiden ke NTB adalah peresmian smelter PT Amman di Kabupaten Sumbawa Barat,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi, dalam keterangannya di Mataram, Minggu.

Pemprov NTB telah mengadakan rapat koordinasi guna memastikan persiapan penyambutan Presiden Jokowi berjalan lancar. Persiapan ini mencakup keamanan, logistik, serta kesiapan teknis lainnya.

“Semua persiapan harus memenuhi standar protokol kepresidenan, termasuk pengamanan di berbagai titik oleh Korem 162/Wira Bhakti, dukungan helikopter dari Danlanud Zam Mataram, serta pengaturan lalu lintas oleh Polda NTB,” tambah Gita.

Sebelumnya, Vice President Corporate Communications & Investor Relations PT Amman, Kartika Octaviana, menyatakan bahwa perusahaan berkomitmen menyelesaikan fasilitas smelter tembaga dan logam mulia yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional.

Setelah beroperasi, fasilitas ini akan memiliki kapasitas input hingga 900 ribu kiloton per tahun konsentrat tembaga dari tambang Batu Hijau dan Proyek Elang. Hasil produksi meliputi 222 kiloton katoda tembaga, 830 kiloton asam sulfat, serta 18 ton emas batangan, 55 ton perak batangan, dan 70 ton selenium per tahun.

Kartika juga mengungkapkan, PT Amman telah menandatangani perjanjian dengan PT Pertamina terkait pasokan energi ramah lingkungan berupa gas alam cair (LNG) untuk mendukung operasional pembangkit listrik tenaga gas dan uap yang saat ini tengah dibangun.