Disiplinkan Personel, Propam Polresta Mataram Gelar Operasi Gaktiblin

TBNews.ntb.  – Seksi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polresta Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktiblin) Personel Polri.

“Operasi Gaktiblin ini dilakukan untuk menegakkan kedisiplinan anggota, meminimalisir serta mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh seluruh personel Polresta Mataram,” kata Kapolresta Mataram Kombespol Ariefaldi Warganegara melalui Kasipropam Iptu Mutawali.

Operasi di awal tahun 2024 ini dilakukan berdasarkan surat perintah Kapolresta Mataram Nomor: Sprin/18/I/HUK.12.10/2024 tanggal 2 Januari 2024. Tujuannya memastikan seluruh anggota Polresta Mataram tetap disiplin mengikuti aturan.

“Sasarannya kelengkapan kendaraan dinas maupun kendaraan pribadi personel yang meliputi TNKB, pajak kendaraan, spion, knalpot, dan lain-lain,” kata Mutawali.

Ada juga pemeriksaan kelengkapan surat nyata diri, meliputi KTA, SIM, STNK, kartu senpi, serta pemeriksaan seragam kepolisian.

“Harus sesuai ketentuan dan sikap tampang yang meliputi rambut kepala, kumis, jenggot dan kebersihan perorangan. Begitu pun pemeriksaan kebersihan mako agar tetap terjaga,” imbuhnya.

Mutawali menegaskan, jika ditemukan anggota yang melakukan pelanggaran, langsung diberikan tindakan disiplin di tempat guna memberikan efek jera. Ia menekankan kepada seluruh personel agar di tahun 2024 ini agar memiliki semangat kerja yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Terutama kedisiplinan dalam melaksanakan tugas.

“Kepada para perwira agar memedomani dan melaksanakan pengawasan melekat kepada personel. Tingkatkan kekompakan, soliditas, dan hirarki, serta mari kita sama-sama menjadikan diri sebagai teladan yang baik,” imbaunya.