Cara Aman Mencuci Buah dan Sayur, Tips Efektif Cegah Kontaminasi serta Bahaya Kesehatan

tribratanews.ntb.polri.go.id – Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari adalah kunci menjaga kesehatan. Namun, sebelum menikmatinya, penting untuk mencuci produk segar ini dengan benar agar terbebas dari kotoran, pestisida, dan kontaminasi mikroba. Meskipun sebagian orang menganggap buah dan sayur aman, faktanya, 46% penyakit bawaan makanan berasal dari konsumsi produk segar yang tidak aman.

Produk pertanian yang tumbuh di ruang terbuka rentan terpapar bakteri, virus, atau pestisida dari lingkungan, seperti serangga, burung, dan tanah. Tak hanya di kebun, kontaminasi juga bisa terjadi selama proses pengemasan dan penyimpanan, bahkan pada produk hidroponik sekalipun. Oleh sebab itu, mencuci buah dan sayur adalah langkah penting sebelum dikonsumsi.

Cara Mencuci Buah dan Sayur dengan Aman

1. Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Sebelum mencuci produk segar, pastikan tangan Anda bersih untuk mencegah kuman berpindah dari tangan ke makanan.

2. Gunakan Air Mengalir

Cara paling aman dan sederhana adalah mencuci di bawah air dingin yang mengalir sambil digosok menggunakan tangan. Pastikan kotoran di permukaan hilang sebelum dikonsumsi.

3. Hindari Deterjen atau Pemutih

Jangan pernah mencuci buah dan sayur dengan deterjen atau pemutih. Produk ini dapat terserap oleh kulit buah atau sayuran dan berpotensi membahayakan kesehatan.

4. Metode Kimiawi Aman: Cuka dan Soda Kue

Anda dapat menggunakan larutan cuka atau soda kue sebagai alternatif. Cuka efektif mengurangi bakteri dan pestisida, namun hindari merendam terlalu lama karena dapat merusak rasa. Sedangkan soda kue efektif menghilangkan pestisida dengan perendaman selama 15 menit.

5. Menggosok Produk dengan Kulit Keras

Untuk buah dan sayur dengan kulit keras seperti kentang atau labu, gunakan sikat sayur agar permukaan benar-benar bersih.

6. Perlakuan Khusus untuk Sayuran Berdaun dan Buah Beri

Pisahkan daun dari sayuran seperti selada atau kangkung, dan bilas setiap helai di bawah air mengalir. Sedangkan buah beri yang mudah rusak seperti stroberi dan anggur, sebaiknya dicuci tepat sebelum dikonsumsi untuk mencegah pertumbuhan kuman.

Meskipun mencuci dapat mengurangi sebagian besar kuman dan kontaminan, penting diingat bahwa hanya memasak di suhu di atas 60°C yang bisa membunuh mikroba sepenuhnya.