Brimob Polda NTB Disposal Temuan Bom Jenis Granat di Lombok Tengah

TBNews.ntb. – Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Detasemen Gegana Sat Brimob Polda NTB meledakkan satu buah Granat Anti Tangan Personil (Granat Nanas) di sebuah lapangan yang jauh dari pemukiman warga di Desa Kawo, Kecamatan Pujut, Loteng, Minggu (7/1).

”Benar, kita mendapat temuan granat aktif. Kami lakukan pengamanan lanjut pendisposalan atau penghancuran pagi ini bersama tim Jihandak Polda NTB,” Kata Kasubden 2 Gegana Sat Brimob Polda NTB Kompol Gusti Bagus Eka Prasetya,S.H.,M.I.Kom saat ditemui sesuai kegiatan.

Penghancuran berjalan lancar karena dilakukan di sebuah lapangan jauh dari pemukiman warga. Meski sudah hancur, patut diwaspadai serpihan granat ketika meledak dan mengenai tubuh.

”Yang jelas informasi dari masyarakat masih kita kumpulkan, jangan sampai kita lengah atau kecolongan dan tim masih kami kerahkan di sekitar lokasi,” ujar Gusti

Sementara itu, adanya granat yang ditemukan warga setempat merupakan peninggalan sejarah atau bukan, diakui masih dilakukan pendalaman.

“Jika melihat dari usia granat kemungkinan peninggalan saat perang jaman penjajahan,” kata Kompol Gusti.

”Bisa jadi muncul ke permukaan karena perubahan iklim dan cuaca,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, petugas kepolisian juga mengimbau kepada warga di sekitar lokasi untuk lebih waspada. Jika menemukan benda mencurigakan segera menghubungi kepolisian. Tidak sembarangan menyentuh atau bermain dengan benda yang berpotensi menimbulkan ledakan.

”Segera laporkan dan serahkan, ini tidak hanya bahaya bagi diri sendiri namun juga berdampak bagi orang lain,” tutupnya.

Seperti diketahui, satu buah granat nanas berhasil dievakuasi dan diamankan Polsek Pujut pada Sabtu (6/1) lalu. Granat tersebut temuan dari warga bernama Hajar warga Desa Kawo yang melintas di sekitar lokasi usai pergi memancing.