LOADING

Type to search

tribratanews ntb gif
Binkam UMUM

Bhabinkamtibmas perian Bersama Petugas Puskeswan Lakukan Pendataan Ternak Warga Yang Terjangkit PMK

Share

tribratanews.ntb.polri.go.id – Kegiatan patroli sambang desa di desa binaan bagi anggota Bhabinkamtibmas merupakan kegiatan rutin yang dilakukan guna menjaga situasi kamtibmas yang tetap kondusif di suatu wilayah. Hal tersebut merupakan salah satu langkah pelayanan keamanan kepada masyarakat setempat dan sebagai sarana untuk mempererat hubungan silaturahmi dan kerjasama antara masyarakat dan aparat keamanan dalam membangun keamanan dan ketertiban bersama.

Pagi ini Bhabinkamtibmas Desa Perian Polsek Montong Gading Poles Lombok Timur Bripka M.Suryadi S JPH bersama petugas dari Puskeswan Kecamatan Montong Gading mengunjungi beberapa kandang ternak sapi milik warga untuk melakukan pengecekan kesehatan ternak sapi yang dilaporkan terjangkit PMK (penyakit mulut dan kuku).

Penyakit mulut dan kuku (PMK) tersebut merupakan penyakit pada hewan yang memiliki kuku belah seperti sapi, kerbau, kambing, domba dan sejenisnya yang disebabkan oleh virus. Oleh sebab itu perlu dilakukan pengobatan oleh petugas kesehatan hewan agar tidak menular ke hewan ternak lainnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa masyarakat Lombok Timur masih banyak yang memiliki hewan ternak berkuku belah seperti sapi dan kambing. Demi menjaga kamtibmas bagi para peternak di Lombok Timur khususnya di Desa Perian, Bhabinkamtibmas terjun langsung bersama petugas puskeswan untuk melakukan pendataan serta pemantaun kondisi sapi ternak warga.

Sekalian Bhabinkamtibmas memberikan imbauan kepada pemilik ternak selain untuk memperhatikan kebersihan kandang ternak agar tidak mudah terjangkit penyakit atau virus, Bhabinkamtibmas juga mengingatkan kepada warga untuk menjaga keamanan di sekitar kandang ternak.

Penyakit PMK pada ternak tersebut hanya terdapat pada hewan dan tidak menular kepada manusia sehingga Bhabinkamtibmas menghimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir asalkan selalau memperhatiakn kebersihan lingkungan sekitar tempat kandang terlebih bagi warga yang memiliki kandang ternak berdekatan dengan rumah tinggal.

“Intinya kita semua harus menjaga kebersihan lingkungan demi kesehatan kita semua karena gangguan kamtibmas tidak hanya ditimbulkan karena suatu kejadian atau kejahatan melainkan timbulnya penyakit juga merupakakn salah satu gangguan kamtibmas di suatu wilayah”ungkapnya.

Tags:

You Might also Like