LOADING

Type to search

Kapolres Sumbawa, Percepatan Vaksinasi Dengan Cara Dekatkan Pelayanan

Binkam UMUM

Kapolres Sumbawa, Percepatan Vaksinasi Dengan Cara Dekatkan Pelayanan

Share

Tribratanews.ntb.polri.go.id- Sumbawa Besar- NTB, Upaya percepatan vaksinasi kepada masyarakat, terus dilakukan oleh pihak TNI dan Polri. Salah satu caranya adalah dengan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini disampaikan Kapolres Sumbawa, AKBP. Esty Setyo Nugroho, S.IK.

Kapolres mengatakan, pihaknya sangat mendukung program vaksinasi oleh pemerintah. Salah satunya bentuk dukungannya adalah, dengan mendatangi sejumlah daerah terpencil di Kabupaten Sumbawa bersama tim vaksinator. Guna mendistribusikan dan memberikan layanan vaksin kepada masyarakat. Salah satu contohnya adalah yang sudah dilakukan di Desa Batu Rotok, Kecamatan Batu Lanteh.

“Kalau TNI/Polri siap seribu persen mendukung. Kita dukung penuh Pemda Sumbawa mempercepat vaksinasi. Mendekatkan pelayanan kepada masyarakat untuk mempercepat,” ujar kapolres.

Dijelaskannya, saat ini masih ada masyarakat yang takut untuk divaksin. Untuk itu, perlu upaya bersama untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Sehingga target vaksinasi bisa segera tercapai.

Menurut kapolres, sekarang vaksinasi berbasis desa. Vaksinator mendekatkan diri kepada masyarakat. Oleh karena itu butuh peran serta seluruh pihak. Karena tim vaksinator personel dan kemampuannya terbatas. “Ada beberapa hal yang dalam kegiatan vaksinasi bisa disuport oleh sukarelawan. Yakni ditahap pendaftaran dan input data. Ini bisa mempercepat vaksinasi,” terangnya.

Diungkapkan, pada sejumlah daerah yang menerapkan ini, dalam satu hari bisa mencapai 400 orang tervaksin. Tetapi yang masih menerapkan sistem lama dengan mengandalkan vaksinator saja hanya mencapai 150 bahkan dibawah angka tersebut.

Inilah yang butuh
keterlibatan seluruh pihak. Karena ke depan kartu vaksinasi kemungkinan besar akan menjadi persyaratan administrasi.

“Kalau kita dekatkan ke masyarakat, bisa lebih cepat. Kepala desa mendata warganya, kepala dusun membantu. Ini juga memudahkan pada saat vaksinasi dosis kedua. Jadi butuh perah semua pihak sampai tingkat bawah,” pungkasnya.

Tags:

You Might also Like