LOADING

Type to search

Antisipasi PMK, Bhabinkamtibmas Desa Tatede Sambangi Kandang Ternak Warga

Binkam UMUM

Antisipasi PMK, Bhabinkamtibmas Desa Tatede Sambangi Kandang Ternak Warga

Share

Sumbawa Besar-NTB, Dalam rangka mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, Bhabinkamtibmas Desa Tatede, Kecamatan Lopok Bripka Sulkarnaen laksanakan sosialisasi kasus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) hewan ternak, Rabu (06/07/22) pagi.

Dalam kesempatan itu, Bhabinkamtibmas menghimbau ke pemilik ternak agar selalu waspada terhadap PMK dengan memperhatikan kebersihan kandang ataupun tidak menerima hewan yang berasal dari luar daerah yang terindikasi zona terjangkit PMK.

Bhabinkamtibmas juga mendata jumlah hewan ternak warga serta mengecek secara langsung keadaan hewan sapi dipelihara berikut kandangnya. Selain itu Bhabinkamtibmas juga mensosialisasikan pencegahan serta penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kapolsek Lape IPTU Awaluddin, S.AP, M.M.Inov ,saat dikonfirmasi menuturkan dan menghimbau kepada warga masyarakat agar berhati-hati, apabila ketika hendak menjual atau memotong hewan ternaknya hendaknya diperiksa dulu kondisinya, serta bisa bekerjasama dengan dinas terkait atau dokter hewan terdekat.

“Selain itu, kami juga minta kepada masyarakat untuk segera melapor kepada petugas, bila hewan ternaknya ada ciri-ciri terinfeksi virus PMK seperti, mulut keluar lendir atau busa, lepuh dibawah hidung, dan luka pada bagian kuku,” jelasnya. (Hps)