LOADING

Type to search

Binkam UMUM

Polres KSB Antisipasi Potensi Konflik Tahapan Seleksi Pilkades 2022

Share

tribratanews.ntb.polri.go.id-

taliwang – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sumbawa Barat melaksanakan sosialisasi tahapan seleksi Tambahan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 di laksanakan di kantor DPMDes Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat pada pukul 09.00 wita senin (26/9/22).

” Dalam kegiatan ini hadir Kadis DPMD Kabupaten Sumbawa Barat Drs. Tajuddin.Kabid Pemerintahan Desa DPMDes Risky Syahputra, S.IP. Kasat intelkam Polres Sumbawa Barat AKP Yunus lobar.Bakal Calon Kepala Desa Sapugara Bree Kecamatan Brang Rea dan Desa Mantun Kecamatan Maluk.” Kata Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin S.IK M.IP melalui Kasi Humas IPDA Eddy Soebandi Adirejo, S.Sos.

Eddy mengatakan, DPMD Drs Tajudin menyampaikan Penetapan bakal calon menjadi calon kepala desa tahap pendaftaran calon lepala desa dalam pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 22 September 2022. Kegiatan dilaksanakan di masing-masing Sekretariat PPKD Desa dengan tamu undangan terbatas hanya dihadiri oleh Kepala Dusun, Staf Desa, serta tokoh agama/masyarakat.

” Seluruh desa yang melaksanakan Pilkades 2022 (16 Desa) telah dilakukan penetapan Calon Kades sejumlah 14 Desa. Untuk dua desa yakni Desa Sapugara Bree dan Desa Mantun akan melaksanakan Uji seleksi tambahan mengingat kedua desa memiliki bakal calon lebih dari 5 orang.Sehingga pada uji seleksi tambahan dilaksanakan pada hari rabu tanggal 28 September 2022 pukul 09.00 WITA di Universitas Cordova Kecamatan Taliwang ” terangnya.

Ia menjelaskan, penilaian dalam seleksi tambahan berdasarkan Perbup 30 A Tahun 2016 Kabupaten Sumbawa Barat tentang pengangkatan dan pemberhentian kepala desa. Dengan rincian bobot nilai seleksi sebagai berikut: Pengalaman kerja di lembaga pemerintahan memiliki bobot nilai 40%.Tingkat pendidikan memiliki nilai 35 %. Dan usia bakal calon memiliki bobot nilai 25 %.

” Adapun materi soal (pilihan ganda) saat ujian tulis yaitu: Materi soal bidang pemerintahan : 50 soal.Materi soal pengetahuan umum : 25 soal.Materi soal bahasa Indonesia 25 soal.” tuturnya.

Kasi Humas IPDA Eddy menuturkan, untuk mengantisipasi potensi diperkirakan pada saat tahapan seleksi tambahan Pilkades serentak tahun 2022 Kabupaten Sumbawa Bara akan dihadiri oleh simpatisan masing- masing calon kepala desa sehingga dapat memicu keributan/ konflik.

” Tidak menutup kemungkinan bakal calon yang akan melaksanakan uji seleksi tambahan yakni Desa Sapugara Bree Kecamatan Brang Rea dan Desa Mantun Kecamatan Maluk melakukan intervensi maupun kecurangan-kecurangan lainnya pada tahap uji seleksi yang dapat memicu terjadinya konflik di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat.”

Lanjut eddy,perlu kiranya dilaksanakan deteksi dini, cegah dini, serta penggalangan terhadap bakal calon kepala desa sebagai bentuk langkah antisipatif guna mencegah terjadi konflik pada Tahapan Pilkades 2022.

” Perlu kiranya Kapolsek dan jajaran melakukan silaturahmi dengan bakal calon yang akan melakukan tahapan uji seleksi tambahan untuk memberikan himbuan kamtibmas serta susun ide guna tercapainya situasi kondusif di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat.” pungkasnya

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *