Tentang Kami

Dewasa ini perkembangan informasi yang beredar di media digital sangat dinamis, arus pemberitaan bagaikan gelombang yang tidak dapat dibendung yang mampu memberikan pengaruh terhadap pembacanya. Beragam platform media digital mampu menyajikan informasi dengan berbagai macam narasi dan disambut oleh masyarakat yang membutuhkannya. Media online dan media sosial mewarnai arus informasi yang berkembang sangat cepat dalam masyarakat.

Saat ini, masyarakat cenderung mencari informasi melalui media digital seiring dengan lahirnya website-website yang mewadahi para pembuat berita. Masyarakat sudah banyak yang beralih dari mengakses berita dari media mainstream menuju media digital yang dirasa lebih mudah dan murah. Kemudahan akses informasi ini, membuat para pembuat berita bersaing untuk mampu menyajikan informasi aktual yang dikemas sedemikian rupa, termasuk Polri.

Polri telah memiliki media digital online, tribratanews (TBnews), yang mulai aktif menyajikan informasi kepolisian sejak tahun 2017. Informasi yang dimiliki Polri sangat beragam dan menjadi daya tarik sendiri di masyarakat, namun selama ini lebih banyak dimanfaatkan pemberitaannya oleh media lain. Oleh karena itu, Polri sebagai sumber informasi kepolisian sudah saatnya memiliki media sendiri dalam mengemas berita Polri untuk didiseminaikan kepada masyarakat. Beragam peristiwa menarik seputar masyarakat, Polri menjadi bagian tidak terpisahkan, seperti pengungkapan kasus, penanganan Covid-19, pengelolaan ketahanan pangan melalui Satgas Pangan Polri sampai pada berbagai pengamanan kegiatan nasional dan internasional.

TBNews, merupakan portal berita resmi Polri yang didalamnya lebih banyak memberikan edukasi, sosialisasi dan literasi digital yang diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat sesuai dengan kejadian yang sebenarnya dan didukung dengan data yang akurat, sesuai taglinenya yaitu “Aktual dan Faktual”. TBNews menggunakan dua bahasa (bilingual) yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, hal ini dimaksudkan agar warga asing yang ingin mendapatkan informasi kepolisian dapat dengan mudah mengaksesnya.

Keberadaan TBNews, diharapkan mampu memenuhi harapan masyarakat akan informasi kepolisian. Memberikan ruang kepada masyarakat luas yang ingin menulis atau menanggapi isu-isu terkini, yang akan kami tampung dalam kanal “opini”. TBNews juga memberikan klarifikasi terkait informasi bohong (hoax) dalam kanal “ini faktanya” dan memberikan informasi hiburan dalam kanal “ragam nusantara” yang dapat dijadikan referensi pembaca dalam mencari alternatif untuk mendukung kegiatannya.

Sebagai sumber utama informasi kepolisian, TBNews diharapkan dapat menjadi referensi media lain dalam menulis berita tentang Polri. TBNews, membuka ruang bagi media lain yang ingin berbagi informasi dan menerima kerjasama dalam meningkatkan pengelolaan berita atau informasi digital yang edukatif, solutif, dan informatif.