LOADING

Type to search

Binkam Ragam Nusantara UMUM

Pengamanan HUT Ke – 72 Desa Jagaraga, Diwarnai Kegiatan Pitra Yadnya Ngaben Masal

Share

Lombok Barat, NTB – Dalam Rangka HUT Ke – 72 Desa Jagaraga Kecamatan Kuripan Kabupaten Lombok Barat, Kegiatan Pitra Yadnya Ngaben Masal untuk umat mewarnainya.

Dalam Kegiatan Pitra Yadnya Ngaben Masal Desa Jagara ini, Gubernur NTB dan Bupati Lobar menghadirinya langsung. Serta mendapat pengamanan dari Personel Polres Lombok barat dan Polsek Kuripan.

Kepala Desa Jagaraga Muhammad Hasyim, S.T mengatakan, Ngaben Massal di Desa Jagaraga pertama kali terselenggara dari pemerintah Desa, Senin (1/8/2022).

“Merupakan kegiatan yang pertama kali Pemerintah Desa Jagaraga selenggarakan, atas saran dan inisiasi aspirasi masyarakat . Sebagai tujuan meningkatkan dan menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama di Desa Jagaraga,” ungkapnya.

Kegiatan Ngaben Masal Dalam Rangka HUT Ke – 72 Desa Jagaraga dengan Tema ‘Melalui Ngaben Massal Mencerminkan Evektivitas Mengedepankan Kesederhanaan Dalam Membangun dan Memupuk Toleransi Menuju Jagaraga Hebat’. Bertempat di Jaba Pura Dalam Trinayana Dusun Tambang Eleh Desa Jagaraga Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat.

Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, S.Ag.,M.Si mengatakan dengan adanya kegiatan ngaben Massal dapat meningkatkan dan menjaga kebersamaan.

“Di mana karakter Bangsa Indonesia menjunjung tinggi Gotong royong dan toleransi umat beragama. Hindari polemik, tetap menjaga asas keadilan sebagai pegangan,” ungkapnya.

Menurutnya, kedepan Pemerintah Daerah Lombok Barat akan mengidentifikasi dan mendatakan banjar – banjar yang belum memiliki alat kremasi (pembakaran). Untuk nantinya akan memberikan bantuan.

Kemudian Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E.,M.Sc mengharapkan melalui upacara ngaben massal dapat mewujudkan rasa kebersamaan dan kesatuan.

“Mewujudkan rasa kebersamaan dan kesatuan antar warga yang sacral, hanya dapat melakukannya dengan kebersamaan dan gotong-royong. Saling menghargai antar umat beragama,” pesannya.

Dari Pemerintah Provinsi NTB sendiri, akan mendukung segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh Umat Hindu sebagai salah satu menjaga toleransi antar umat beragama di NTB.

Selanjutnya Gubernur NTB bersama Bupati Lombok Barat menyerahkan bantuan berupa kompor kremasi secara simbolis kepada 3 Pura. Antara lain Pura Dalam Trinayana, Pura Tri Buana Lamper, dan Pura Siwa Adeng.

Kegiatan berlanjut dengan kremasi di Pura Dalam Trinayana Dusun Tambang Eleh Desa Jagaraga Kec. Kuripan Kab. Lombok Barat.