Amankan MotoGP Mandalika 2024, Polisi Dirikan Pospam di Pelabuhan Lombok Barat

tribratanews.ntb.polri.go.id – Sebagai bentuk kesiapan dalam agenda pengamanan event MotoGP Mandalika 2024, sejumlah Posko Pengamanan (Pospam) mulai mendirikan jajaran Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) di beberapa titik strategi khususnya di area sekitar pelabuhan yang ada di wilayah Lombok Barat.

Kepala Biro Operasi (Kabag Ops) Polda NTB Kombes Pol. Abu Bakar Tertusi SIK, dalam keterangannya Senin (23/09) menjelaskan bahwa penempatan posko pengamanan dilakukan sebagai bagian dari bentuk kesiapan pelaksanaan Operasi Kepolisian dengan sandi Mandalika Gatari 2024.

Hal ini sebagai bagian dari langkah pencegahan jika berhenti untuk memastikan keamanan, mengingat peningkatan aktivitas di pelabuhan menjelang pelaksanaan event balap dunia MotoGP Mandalika yang akan digelar mulai 27 sampai dengan 29 September 2024.

“Pendirian Pospam ini sebagai bentuk kesiapsiagaan kami (Polri). Tujuannya untuk meningkatkan pengawasan dan menjamin keamanan serta kenyamanan di wilayah NTB selama perhelatan event internasional ini berlangsung,” Jelas Kombes Pol. Abu Bakar.

 

Baca Juga : Patroli KRYD Upaya Polisi Menyiapkan Jelang MotoGP dan Pilkada Serentak 2024
Baca Juga : Polda NTB Akan Menerjunkan Sekitar 3.000 Personel Amankan MotoGP 2024 di Sirkuit Mandalika 

 

Adapun sejumlah titik lokasi didirikannya Pospam ini, lanjut Karo Ops Polda NTB, tersebar di beberapa pelabuhan penting di Lombok Barat, antara lain yakni di Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Bangsal. Di masing – masing pelabuhan disiapkan satu tenda posko dengan dilengkapi fasilitas untuk menunjang tugas pengamanan.

“Posko pengamanan ini akan beroperasi penuh selama pelaksanaan Operasi Mandalika Gatari 2024 yang insyaallah akan dimulai besok. Kami (Polri) berkomitmen terus mengoptimalkan pelayanan terbaik bagi masyarakat maupun wisatawan khususnya selama berlangsungnya ajang kelas dunia ini,” ucapnya.

Dengan didirikannya posko pengamanan ini, Karo Ops Polda NTB berharap koordinasi antara pihak keamanan dan penyedia layanan pelabuhan dapat berjalan lancar untuk memastikan keamanan serta alur keluar masuk orang dan barang selama gelaran event MotoGP 2024 berlangsung.

Pendirian posko pengamanan juga meningkatkan kesiapan Provinsi NTB dalam menyambut gelaran balap motor dunia MotoGP Mandalika 2024 demi terjaminnya situasi wilayah agar tetap kondusif.

 

Baca Juga : MotoGP 2024 Kian Dekat, Polda NTB dan Pihak Terkait Siapkan Agenda Pengamanan 
Baca Juga : MotoGP Indonesia 2024, Logistik Mulai Berdatangan di Sirkuit Mandalika Lombok