Amankan MotoGP Indonesia 2024, Polda NTB Gelar Pasukan Cek Personel dan Peralatan

tribratanews.ntb.polri.go.id – Sebagai bentuk kesiapan pengamanan event MotoGP Indonesia 2024, Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Mandalika Gatari 2024. Bertempat di lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Selasa (24/09) pagi tadi.

Apel tersebut dipimpin langsung Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) NTB Irjen Pol. R. Umar Faruq, SH., M.Hum., yang dihadiri oleh Pj. Gubernur NTB, Kepala Lembaga dan Instansi terkait, serta perwakilan Kapolres se-Pulau Lombok dan personel pengamanan.

Dalam sambutannya, Irjen Umar menyatakan bahwa pelaksanaan Operasi Mandalika Gatari 2024 akan berlangsung satu minggu kedepan terhitung dari tanggal 24 hingga 30 September dengan melibatkan sebanyak 2.736 personel dari berbagai instansi dan pihak terkait lainnya.

“Kami meminta bantuan dari mabes Polri dan Polda terdekat untuk mengatasi kekurangan personel di beberapa fungsi,” ujar Kapolda NTB.

Baca Juga : MotoGP Indonesia 2024, Logistik Mulai Berdatangan di Sirkuit Mandalika Lombok

Sekitar 300 personel dari Satuan Baharkam, Korp Brimob, Kor Lantas Polri dan Polda Jawa Timur juga akan ditugaskan untuk mendukung pelaksanaan pengamanan operasi Mandalika Gatari ini.

“Apel gelar pasukan ini merupakan langkah akhir untuk memastikan kesiapan personel dan sarana prasarana dalam melaksanakan tugas pengamanan,” tegas Jenderal Bintang Dua itu.

Kapolda NTB menegaskan perihal pentingnya persiapan yang matang oleh seluruh pihak dalam agenda pengamanan event bergengsi dunia ini, mengingat kehadiran rombongan kepresidenan di Pulau Lombok selama MotoGP berlangsung.

Ia juga menggarisbawahi perlunya fungsi intelijen untuk mendeteksi potensi masalah yang dapat mengganggu keamanan. Ia menekankan tindakan preventif dan preemptive harus diambil untuk menjaga ketertiban, dengan tetap mengutamakan etika moral.

“Saya berharap semua personel dapat meningkatkan kerjasama, sinergitas, soliditas, dan solidaritas dalam mendukung pengamanan MotoGP Mandalika ini. Saya ingatkan seluruh personel untuk menjalankan tugas ini dengan penuh tanggung jawab demi kesuksesan pengamanan event internasional ini,” tutup Kapolda NTB.