AKBP Mohammad Kholid Gantikan Kombes Pol Rio Jabat Kabid Humas Polda NTB

tribratanews.ntb.polri.go.id – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kembali melakukan mutasi jabatan di sejumlah posisi strategis, termasuk di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berdasarkan Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/2098/IX/KEP./2024 yang dikeluarkan pada 20 September 2024, posisi Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda NTB kini dipegang oleh AKBP Mohammad Kholid, S.I.K., menggantikan Kombes Pol Rio Indra Lesmana, S.H., S.I.K.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, dalam keterangannya, Minggu (22/09) membenarkan perihal pergantian jabatan ini. Ia menyebutkan bahwa mutasi jabatan tersebut adalah bagian dari langkah penyegaran organisasi Polri guna meningkatkan efektivitas kinerja dan memberi peluang pengembangan karier bagi para perwira.

“Mutasi jabatan di lingkungan Polri merupakan kebijakan rutin yang bertujuan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan tugas, memberikan kesempatan pengembangan karier bagi perwira, dan memperkuat kapasitas organisasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Brigjen Trunoyudo.

Kombes Pol Rio Indra Lesmana, yang sebelumnya menjabat Kabid Humas Polda NTB, kini ditugaskan di Markas Besar (Mabes) Polri sebagai Auditor Kepolisian Madya TK III di Itwasum Polri. Sementara penggantinya, AKBP Mohammad Kholid, diketahui sebelumnya menjabat sebagai Kasubbaglatsatops Bagbinlatops Robinops Sops Polri.

Baca Juga : Kapolri Rotasi 4 Kapolda dan 309 Pati-Pamen Polri, Upaya Tingkatkan Kinerja 
Baca Juga : Resmi Jabat Kapolda NTB, Ini Profil dan Prestasi Irjen Hadi Gunawan 

Mutasi jabatan dilingkungan strategis Polri ini tidak hanya terjadi di Polda NTB, namun juga mencakup perwira tinggi dan menengah di beberapa Polda lain di Indonesia. Sekitar 309 perwira, termasuk empat Kapolda, turut mengalami rotasi dalam surat telegram Kapolri tersebut. Termasuk jabatan Kapolda NTB dari Irjen Pol. Drs. R. Umar Faroq, S.H., M.Hum., yang telah memasuki masa pensiun, digantikan oleh Irjen Pol. Drs. Hadi Gunawan, S.H., S.I.K.