Polres Lombok Tengah Kawal Pelipatan Surat Suara Pemilu 2019

Praya- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) mulai sibuk melakukan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilres) dan DPR RI yang akan digunakan pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Hari Rabu tanggal 17 April 2019 mendatang.

Kegiatan pelipatan surat suara itu mendapatkan pengawalan dari aparat kepolisian Polres Lombok Tengah.

Wakil Kepala Kepolisian Polres Lombok Tengah Kompol Haris Dinzah, SH, SIK, MH beserta dengan Kabag Ops Polres Loteng, Kompol Sutriyanto, SH menyatakan, kantor dan gudang penyimpanan surat suara tetap akan di jaga ketat oleh anggota Polres Loteng. Jumlah anggota yang dilibatkan sebanyak 32 orang dan pada setiap gudangnya akan dijaga 24 jam oleh lima orang anggota Kepolisian. “Masa kerja anggota kami yang menjaga surat suara sampai berakhirnya proses Pilpres dan Pileg serentak,” paparnya

Ketua KPUD Lombok Tengah, Ahmad Fuad Fahrudin saat memantau pelipatan surat suara di aula gedung Esk Kantor DPRD Lombok Tengah mengatakan, bahwa pihaknya hari ini kita mulai melakukan sortir dan pelipatan surat suara Pilpres dan DPR RI dengan target 6 hari sudah selesai. Jumlah surat suara yang dilipat diberikan oleh KPU pusat itu sebanyak  775.692 surat suara Pilpres dan 775.692 surat suara DPR RI.

” Sehingga total surat suara yang sudah diterima untuk Pemilu 2019 itu baru 1.551.384 Surat Suara,” jelasnya.

Sedangkan sisa surat suara untuk DPD, DPRD Kabupaten akan diterima hari ini (red”Kamis) dan surat suara DPRD Provinsi mulai dikirim hari ini dari Surabaya.

“Jumlah tenaga yang dilibatkan dalam pelipatan surat suara hari ini sebanyak 200 orang. Sedangkan Total tenaga yang akan dilibatkan dalam pelipatan surat suara Pemilu 2019 itu sebanyak 500 orang,” jelasnya.

Ia mengatakan, bahwa dalam penyortiran dan pelipatan surat suara itu pihaknya menemukan beberapa surat suara yang rusak sesuai kriteria surar ederan dari KPU tentang sortir dan pelipatan surat suara. Namun rekap secara keseluruhan jumlah surat suara yang rusak belum dilakukan karena masih dalam proses pelipatan.

Disamping itu juga, dalam proses pelipatan maupun pengiriman surat suara maupun penyimpanan tetap mendapatkan pengawalan dari Aparat Kepolisian Polres Lombok Tengah maupu anggota dari Polda NTB.

“Pengawalan tetap dilakukan oleh pihak Kepolisian,” katanya.

Sementara itu, untuk persiapan logistik pemilu seperti kota surat suara sudah siap dan jumlahnya sesuai dengan jumlah Tempat Pemilihan Suara (TPS) yakni 3316 TPS dikali 5 Kota surat suara per TPS, sehingga berjumlah 16.580 kotak surat suara.

“Sedangkan jumlah DPT Kabupaten Lombok Tengah pada Pemilu 2019 ini sebanyak 760.482 pemilih,” pungkasnya.

Penulis : LaleFera

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close