Gelar “Nyongkolan Agung”, Polres Lobar Mencatat Rekor MURI

Rekor Arak-arakan Pasangan Pengantin Terbanyak

Gerung, Polres Lombok Barat tercatat di  Museum Rekor – Dunia Indonesia dengan Kategori Arak – arakan Nyongkolan jumlah Pasangan Pengantin Terbanyak yaitu sebanyak 53 pasang pengantin, Minggu (03/03).

Nyongkolan adalah sebuah kegiatan adat yang menyertai rangkaian acara dalam prosesi perkawinan pada suku sasak di Lombok.

Kapolres Lombok Barat AKBP Hery Wahyudi, S.I.K., mengatakan bahwa kegiatan nyongkolan ini merupakan puncak acara Millenial Road Safety Festival di Polres Lombok Barat yang dilaksanakan serentak di Indonesia.

“Khusus Kabupaten Lombok Barat, kita rangkai dengan kegiatan adat nyongkolan untuk memperkenalkan tata cara nyongkolan yang seharusnya kepada kaum millennial,” Kapolres mengatakan.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, S.Ag dalam sambutannya mengapresiasi cara Polres Lombok Barat dalam mensosialisasikan tertib Lalu Lintas melalui kegiatan Nyongkolan ini.

“Pilihan cara mensoislisasikan oleh Bapak Kapolres Lombok Barat luar biasa, karena acara adat nyongkolan sudah umum menjadi adat istiadat tradisi masyarakat suku sasak,” ungkapnya.

Bupati optimis bahwa Millennial Road Safety Festival ini mempelopori dan mengajak kaum millennial Lombok Barat untuk sadar berlalulintas yang baik dan benar

Acara diawali dengan Nyongkolan Agung diikuti oleh Waka Polres, Kabaq ops, Para Pejabat Utama Polres Lobar, Gabungan Anggota Polres dan Polsek, 53 Pasang Pengantin beserta keluarga, serta rombongan nyongkolan diiringi oleh 6 Gendang Beleq dengan jumlah peserta kurang lebih 10 ribu orang.

Rombongan nyongkolan start dari Simpang Lima Patung Koperasi menuju Simpang empat Pasar Gerung, dan Finish di Polsek Gerung.

Selanjutnya sambutan dari Manager Museum Rekor Dunia-Indonesia ( MURI ) Ridho Al Amin mengatakan bahwa MURI merupakan penilaian atau pencatatan bagi yang berprestasi / karya anak bangsang yang tidak pernah ada dimanapun.

“Saya mewakili Bapak Jaya Suprana sebagai pendiri MURI, ini merupakan Rekor Arak-arakan (Nyongkolan Terpanjang) pasang pengantin terbanyak,” ungkapnya.

“Ini merupakan prestasi bukan hanya di Indonesia, namun ini merupakan Rekor Dunia dengan Budaya sasaknya yakni Nyongkolan Agung,” imbuhnya.

Selanjutnya penyerahan Piagam MURI yang diterima oleh Kapolres Lombok Barat dan disaksikan oleh seluruh tamu undangan.

Dalam penyerahan piagam MURI disaksikan langsung oleh Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, S.Ag, Wakil Bupati Lobar Hj. Sumiatun, Ketua Komisi 4 DPRD Lobar Unawir Haris, Toda dan Budaya Lalu Anggawa, Danramil Gerung Lettu inf maturidi, Kepala Pengadilan Agama, Camat Gerung H. Mulyadi, SH, SKPD Pemda Lobar, dan seluruh peserta hadir.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close