Kapolres Lombok Tengah Gelar Acara Silaturrahmi Kamtibmas

Polres Lombok Tengah (Loteng) menggelar kegiatan forum silaturahim guna menciptakan pemilu mendatang berjalan aman, damai dan sejuk, kemarin.

Pertemuan yang dipusatkan di Dmax Hotel itu, langsung dihadiri oleh, Kapolres Loteng  AKBP Budi Santosa, Wakil Bupati Loteng HL Pathul Bahri,  Kejaksaan, Dandim 1620 Loteng, Ketua MUI, para tokoh agama, pemuda dan ketua pimpinan partai politik (parpol).

Kapolres Loteng  AKBP Budi Santosa, SIK, MH menyatakan,  dalam sebuah pesta demokrasi yang paling utama adalah pemeliharaan keamanan atau kamtibmas.  Sehingga dalam menjelang pesta demokrasi ini,  segala aktivitas yang akan dilakukan masyarakat maupun partai politik akan diberikan penjagaan ketat.  ” Kami minta pada partai politik bila membuat kegiatan agar melapor,  sehingga kami bisa memberikan keamanan atau penjagaan ketat, ” katanya saat memberikan sambutan,  kemarin.

Ia menegaskan,  perbedaan pilihan atau dukungan dalam pesta demokrasi merupakan hal yang wajar.  Namun terhadap hal itu,  tidak menjadi pemecah belah perhubuangan persaudaraan ditengah masyarakat.  ” Sekarang Polda NTB sudah mencanangkan desa pangkal keamanan.  Jadi desa menjadi ujung tombak menjaga keamanan di tingkat bawah, ” ucapnya.

Ia mengaku, sebenarnya kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyatukan persepsi guna menciptakan pemilu aman, damai dan sejuk di wilayah  Loteng.  “ Kegiatan ini bertujuan mensinergikan semua elemen masyarakat, baik itu unsur Parpol yang berkompetisi, tokoh agama, tokoh masyarakat dan Pemuda yang berperan aktif menjaga Khamtibmas, Baik sekarang hingga pelaksaan pemilu mendatang,” jelasnya.

Apalagi, semua ketahui bersama demokrasi yang setiap dilaksanakan telah memberikan ruang kebebasan bagi masyarakat untuk berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat yang dijamin oleh konstitusi, serta diberikan hak politik yang luas untuk terlibat dalam roda pemerintahan.

Sehubungan hal tersebut, arti penting dan strategisnya Pemilu bagi keberlangsungan kepemimpinan dan pemerintahan serta pembangunan dalam mencapai tujuan, maka pada konteks inilah manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif sangat dibutuhkan, salah satunya yaitu dengan mengerahkan segala sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama yang sinergis dengan penyelenggara Pemilu, TNI, Seluruh komponen masyarakat dan mitra Kamtibmas lainnya, agar pelaksanaan pemilu dapat berlangsung aman, jujur, adil dan demokratis. “Oleh karena itu, kami tetap berkomitmen untuk memelihara ketertiban keamanan masyarakat dan memberikan pengayoman kepada masyarakat,” tuturnya.

Ditambahkan, Pihaknya juga meminta terhadap masyarakat maupun ASN agar tidak melaggar aturan yang berlaku dalam pemilu mendatang. ” Kami mengajak masyarakat untuk bersama -sama menjaga keamanan pemilu.  Tidak hanya itu saya minta  masyarakat agar tidak menyebar berita Hoax, maupun cepat percaya dengan sara,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Loteng HL Pathul Bahri menyatakan,bahwa kondisi keamanan Kabupaten Loteng sudah cukup terkendali. Namun pihaknya menekankan agar keamanan ini akan terus dipertahankan untuk dijaga karena kalau diabaikan akan berakibat patal.   Sehingga peran masyarakat maupun para tokoh sangat penting.  “ Selama ini memang kita ketahui pada pelaksaan pemilu selaku berjalan aman dan lancar.  Tapi itu semua karena pastisifasi para tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua elemen masyarakat lainnya,” tuturnya. (OK) .

Penulis : LaleFera

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close