Polres Bima Kota Gelar Lomba Bhabinkamtibmas Teladan

Kota Bima – Dalam rangka mengoptimalkan kinerja Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri. Polres Bima Kota mengadakan Lomba Bhabinkamtibmas Teladan diwilayah hukum Polres Bima Kota. Kepala Kepolisian Resor Bima Kota, AKBP Erwin Ardiansyah, S.IK, MH kepada Lensa Post menjelaskan, setelah hampir 3 bulan Bhabinkamtibmas dinilai kinerjanya, maka diakhir Januari 2019 ini Polres akan mengumumkan Bhabinkamtibmas Teladan, tentu saja Reward dan penghargaan berupa Piagam, Piala dan Uang Pembinaan menanti Para bhabinkamtibmas Teladan tersebut.

Secara detail Kapolres Bima Kota menjelaskan, bahwa sejak tanggal 1 November 2018 lalu, Dirinya selaku Kapolres Bima Kota mulai mengadakan lomba Bhabinkamtibmas Teladan Tingkat Wilayah Polres Bima Kota. Tujuan dari lomba ini menurut Kapolres, dalam rangka menjaga atau tetap terpeliharanya kondusifitas kamtibmas diwilayah hukum Polres Bima Kota, Peran Bhabinkamtibmas sangat dibutuhkan, diawali tugas pengamanan saat Pilkades serentak beberapa waktu lalu, hingga terselenggaranya pemilu 2019 yang sejuk aman dan damai. Selain itu untuk mengoptimalkan kinerja bhabinkamtibmas,  karena bhabinkamtibmas itu ujung tombaknya polri, terang Kapolres.

AKBP Erwin Ardiansyah, S.IK, MH menyampaikan, bahwa ada 2 kriteria penilaian dalam lomba Bhabinkamtibmas ini, yakni Pihak Polres melalui Kasat Binmas dibantu Kasi Propam dan Dikoordinir oleh Wakapolres menilai kinerja Bhabinkamtibmas selama hampir 3 bulan ini, selanjutnya penilaian dari masyarakat, yakni Ketua RT, Ketua RW atau Kepala Desa/ Lurah, mereka sudah diberikan blangko penilaian dengan kriteria khusus tentang kinerja Bhabinkamtibmas di lapangan, termasuk kecintaan masyarakat tentang keberadaan bhabinkamtibmas. Kriteria lain yang dinilai, yakni kemampuan Bhabinkamtibmas dalam menyelesaikan setiap permasalahan di masyarakat, termasuk Kemampuan Bhabinkamtibmas dalam mengantisipasi, mencegah, meredam dan menyelesaikan konflik, sehingga konflik tersebut tidak membias dan berlarut-larut, Kapolres juga menjelaskan, dalam penilaian lomba Bhabinkamtibmas Teladan ini, Pihak Polres menggunakan poin, yakni Poin 5 dinilai sangat baik atau puas, poin 4 baik atau puas, poin 3 cukup puas atau baik, poin 2 kurang baik atau kurang puas, poin 1 buruk, urai Kapolres.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close