Kapolres Loteng Terjun Langsung Dalam Pengamanan Aksi Unjuk Rasa

Kapoles Lombok Tengah AKBP Budi Santosa, SIK, MH terjun langsung dalam kegiatan pengamanan di Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK ) The Mandalika, Jum’at ( 28 / 12 ), Kemarin.

Praya – Kepolisian Resor Lombok Tengah ( Polres Loteng ) melaksanakan pengamanan terhadap warga yang melaksanakan demo di kantor PT. ITDC di Masjid Nurul Bilad Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK ) Mandalika Kuta, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Jum’at ( 28 / 12 ) Kemarin.

Dalam Demo tersebut warga menuntut pertanggungjawaban dari pihak PT. ITDC selaku pengelola KEK The Mandalika, terkait dengan surat peringatan yang isinya meminta warga yang masih tinggal di atas lahan HPL No 47 untuk segera keluar dari lahan yang menjadi aset negara tersebut.

Dalam pengamanan tersebut Polres menerjunkan 160 orang personel Polres Lombok Tengah,  30 orang personel Brimob Polda NTB serta 12 orang personel SAA Brimob.

Aksi Demo tersebut hampir ricuh akibat tidak dipenuhinya tuntutan warga masyarakat di antaranya menghadirkan Jendral Afair Kek Mandalika I Gusti Lanang Brata Suta meskipun sudah di hadirkannya perwakilan di antaranya Project Director The Mandalika Adi Sujono, Kepala Dinas Pariwisata Lalu Putria, serta Dewan The Kek Mandalika Lalu Lalu Gita Aryadi, namun tetap di tolak oleh warga masyarakat.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Budi Santosa, SIK, MH yang juga hadir dalam pengamanan tersebut berhasil menenangkan warga masyarakat dengan memberikan himbauan untuk bersikap tenang agar seluruh aspirasi masyarakat tersebut dapat tersampaikan dengan baik.

“ Kegiatan pengamanan yang di laksanakan kemarin di Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK ) The Mandalika memang hampir tidak berjalan baik, dikarenakan banyaknya jumlah masa yang terdiri dari berbagai golongan merasa tidak puas dengan beberapa hal yang di tuntut, sehingga saya bersama  anggota  tetap melaksanakan pengamanan dengan humanis , menjadi pendengar aspirasi yang baik dengan tidak memihak kepada siapapun , sehingga dengan himbauan-himbauan yang kami berikan dapat menenenangkan warga masyarakat”. Terang Kapolres Lombok Tengah.

Setelah dari pihak kepolisian berhasil memenenangkan warga, lalu Kapolres Lombok Tengah mengawal Jendral Afair Kek Mandalika I Gusti Lanang Brata untuk menemui masyarakat.

Dari hasil pertemuan tersebut di dapati kesapakatan antara pihak ITDC dengan warga masyarakat, sehingga kegiatan unjuk rasa tersebut selesai dan berjalan lancar.

Penulis : LaleFera

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close