Polres Lombok Barat Siap Amankan Pilkades Serentak 2018

Lembar – Kapolres Lombok Barat, AKBP Hery Wahyudi, S.I.K., mengecek kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Desa Serentak dalam kegiatan Apel Gelar Pasukan pagi tadi di Lapangan apel Polres Lombok Barat, Jumat (07/12).

Pelaksanaan Apel Gelar pasukan ini di hadiri Oleh Wakapolres, para Pejabat Utama, dan seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pilkades Serentak, beserta sarana dan prasarana pendukung juga di gelar dalam kegiatan ini.

Dalam amanatnya, kapolres menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personel, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan pengamanan untuk melaksanakan pengamanan. Dengan demikian pengamanan Kepala Desa serentak tahun 2018 akan dapat terselenggara dengan aman, lancar, dan damai.

 “Pilkades Serentak dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2018 , yang tahapannya tengah berlangsung saat ini,” katanya.

Kapolres juga menjelaskan bahwa Pilkades memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, Potensi kerawanan yang cukup menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu serta penyebararan hoax dan hate speech.

“Penyebaran isu-isu serta penyebararan hoax dan hate speech yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat,” imbuhnya.

Untuk Jumlah desa yang akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2018 di Kabupaten Lombok Barat yaitu sebanyak 77 Desa.

“Polres Lobar mengerahkan sebanyak 408 personil yang terdiri dari 208 personil anggota Polres, 178 personil anggota Polsek/Subsektor dan 22 personil perwira Polres sebagai pendamping,” katanya.

Waktu pelaksanaan selama 2 (dua) hari, di mana tanggal 9 Desember 2018 dilaksanakan Serpas dan tanggal 10 Desember 2018.

“Pengamanan pemungutan suara di TPS Pengamanan ini diselenggarakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelljien, penegakan hukum, kuratif, dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian dalam bentuk Satuan Tugas Tingkat Polres Lombok Barat,” lanjutnya.

Kapolres menekankan bahwa bahwa Polri berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan pengamanan Pilkades serentak tahun 2018 agar dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai.

“Berbagai potensi kerawanan telah dipetakan untuk dilakukan upaya penanganan secara profesional dan berkelanjutan,” katanya.

Kapolres juga mengingatkan kepada personelnya, untuk tetap menjaga netralitas, serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas dalam penyelenggaraan pemilihan pilkades.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close