Kasat Lantas Lobar : Cuaca Ekstrim, Waspadai Pohon Tumbang

Lembar – Dengan berakhirnya Pelaksanaan Operasi Zebra Gatarin 2018 Senin (12/11), Kasat Lantas Polres Lombok Barat Iptu Lalu Panca warsa, SH mengatakan walaupun beberapa insiden seperti pohon tumbang terjadi, namun secara umum pelaksanaan berlangsung aman dan lancar, Selasa (13/11).

Saat disinggung perbandingan Hasil pelaksanaannya dengan tahun sebelumnya, Kasat Lantas mengatakan bahwa karena pelaksanaan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, sehingga terjadi penurunan angka penindakan.

“Tentunya hasil penindakan pada pelaksanaan pada tahun ini menurun dibandingkan dengan pelaksanaan tahun lalu,” katanya.

Kasat menjelaskan bahwa, sesuai dengan arahan pusat khusus wilayah Polda NTB dan Polda Sulteng lebih mengedepankan tindakan kemanusiaan.

“Walaupun demikian, penindakan terhadap pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan Lalulintas tetap dilakukan,” imbuhnya.

Adapun pelanggaran lalulintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalulintas antara lain pengemudi menggunakan handphone, melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, di bawah umur, tidak menggunakan helm SNI, menggunakan narkoba/mabuk dan pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Terkait insiden pohon tumbang, Kasat Lantas juga menghimbau kepada pengguna jalan terkait dengan perubahan cuaca yang cukup ekstrim akhir-akhir ini.

“Meningkatnya curah hujan, tentunya menimbulkan kerawanan kecelakaan,”pungkasnya.

Kasat lantas menjelaskan bahwa meningkatnya curah hujan dapat mengganggu jarak pandang, dan jalan licin serta memicu pohon tumbang.

“Pohon tumbang juga rawan terjadi, seperti beberapa waktu lalu pohon tumbang mengakibatkan kemacetan lalulintas yang cukup Panjang, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut” tuturnya.

Pohon tumbang terjadi di Jalan Yos Sudarso lembar, yaitu tepatnya di depan Lapangan Umum Lembar hingga menutup jalan menimbulkan kemacetan yang cukup Panjang.

“Namun dapat diantisipasi dengan melakukan pemotongan dan pembersihan yang dilakukan oleh Anggota Polres Lobar, sehingga arus lalulintas kembali lancar” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Kasat lantas mengaku akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar pengguna jalan merasa aman dan nyaman.

“Untuk mengantisipasi kejadian serupa, akan dilakukan koordinasi dengan Dinas Tata Kota Lobar dan Dinas Pekerjaan Umum, untuk mengecek pohon-pohon yang berpotensi tumbang,” tutupnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close