Polres Lotim Berhasil Amankan Aksi Unjuk Rasa Di Depan Kantor Desa Wanasaba

KASAT BINMAS SAAT MEMBERIKAN HIMBAUAN KAMTIBMAS KEPADA WARGA YANG HENDAK MENYAMPAIKAN ASPIRASINYA

Selong – Pengawalan ketat terhadap warga Dusun baret orong dilakukan oleh Personel Polres Lotim, pasalnya Ratusan warga mendatangi kantor Desa Wanasaba. Berdasarkan keterangan yang berhasil dikumpulkan tribratanewsntb bahwa, kedatangan ratusan warga tersebut akibat tidak terima dengan penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dusun Baret Orong Desa Wanasaba, ratusan warga setempat melakukan protes atas kebijakan yang diambil Kepala Desanya yang memberhentikan Kepala Dusun Baret Orong sebelumnya, Taufikurrahman dan menunjuk Maksun sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dusun Baret Orong (5/11).

Ratusan warga yang mendatangi Kantor Desa ditemui langsung Kepala Desa Wanasaba, H. Misnun, Camat Wanasaba, M. Saleh, Ketua BPD, Kapolsek Wanasaba dan Kasat Binmas Polres Lombok Timur.

Perwakilan warga Dusun Baret Orong, Mamiq Rahmatullah, L. Amrillah dan HL. Zainul Hamdi mendesak Kepala Desa agar merubah keputusannya menunjuk Plt Kadus yang tidak diinginkan warga setempat. Warga berharap, Kadus Baret Orong yang dipecat sebelumnya itu dijadikan sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dusun hingga dilakukannya pengangkatan Kepala Dusun definitif nantinya. Jika Kepala Desa tetap bertahan dengan keputusannya menunjuk Maksun sebagai Plt Kadus, warga lebih memilih untuk tidak memiliki kepala dusun.

Terhadap protes yang dilakukan warganya, Kepala Desa Wanasaba, H. Misnun menyampaikan bahwa tindakannya memberhentikan Kepala Dusun Baret Orong dan menggantikannya dengan Pelaksana Tugas sudah sesuai dengan aturan. Namun, jika yang bersangkutan mau kembali menjadi Kepala Dusun, nanti bisa ikut mendaftar dengan mengikuti mekanisme yang sudah diatur pemerintah. Demikian terang Kades Wanasaba.

Sementara itu, Ketua BPD Wanasaba, HL. Sukuradis menanggapi desakan warga Dusun Baret Orong tersebut yang menginginkan mantan Kadusnya ditetapkan sebagai Plt Kadus sampai dikeluarkannya aturan pemilihan kepala dusun, menyampaikan bahwa persoalan ini akan dibicarakan lebih lanjut bersama Kepala Desa untuk mendapatkan kebijakan yang dapat diterima semua pihak demi kebaikan bersama.

Pelaksanaan Pengamanan Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh warga setempat, berlangsung dengan aman dan lancar, Iptu I Meade Tista selaku Kasubbag Humas Polres Lombok Timur, mengucapkan Terimakasih banyak kepada warga Dusun Baret Orong yang telah menyampaikan aspirasinya di Kantor Desa dengan baik, sehingga kegiatan berjalan dengan lancar.”Ucap Tista”.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close