Polres Mataram Beri Hadiah Pengguna Jalan yang Tertib

Seorang pengendara roda dua tertib lalu lintas mendapat hadiah cinderamata dalam razia Operasi Zebra 2018, Senin (5/11) sore yang dipimpin Kasatlantas Polres Mataram, AKP Ricky Yuhanda (kedua kiri).

Mataram – Sepekan Operasi Zebra Gatarin 2018 menemukan banyaknya pengendara roda dua melanggar lalu lintas. Menekan pelanggaran tak melulu menggunakan cara penindakan. Tetapi juga cara simpatik seperti memberi reward kepada pengendara yang patuh aturan.

Hal itu ditunjukkan Polres Mataram dalam razia Senin (5/11) sore di Jalan Langko Mataram. Tercatat 18 pengendara terjaring razia karena tidak menggunakan helm dan surat kendaraan yang tidak lengkap.
Namun bagi yang patuh dan tertib seperti menggunakan alat keselamatan dan melengkapi surat kendaraan, mereka mendapat hadiah cinderamata.

Kasat Lantas Polres Mataram, AKP Ricky Yuhanda, SIK menegaskan penindakan hukum adalah penekanan utama dalam operasi zebra. Namun khusus NTB dan Sulawesi Tengah yang baru terdampak bencana diutamakan cara simpatik. “80 persennya simpatik, sisanya 20 persen penindakan,” ujarnya ditemui di sela razia.

Selain pembagian reward pengendara tertib, kegiatan simpatik lainnya berupa trauma healing, sosialisasi pembagian brosur-brosur imbauan keselamatan lalu lintas, dan kunjungan ke tempat pengungsian warga terdampak.

“Pemberian reward ini sebagai contoh bagi pengendara lainnya, agar mulai dari rumah dimanapun saat mengedarai kendaraan selalu melengkapi diri dan sopan di jalan raya,” ucapnya.

Menurutnya, tindakan tegas kepada para pengendara sepeda motor hanya diberlakukan pada pelanggaran kasat mata, seperti tidak menggunakan helm, berboncengan melebihi kapasitas, melawan arus, atau berkendara melebihi batas kecepatan.

Selama sepekan pelaksanaan operasi, Ricky menyebutkan pelanggaran lalu lintas masih didominasi kendaraan roda dua. Namun secara umum menurun dibandingkan hari ke hari.

“Tujuannya kan semakin sulit pelanggaran itu ditemukan yang artinya masyarakat semakin sadar ketertiban lalu lintas,” pungkasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close