Sebelum Kegiatan, Polres Lobar Menentukan Lokasi Kegiatan Operasi Zebra Berdasarkan Ini

Lembar – Pelaksanaan Operasi Zebra Gatarin 2018 Polres Lombok Barat telah di mulai sejak kemarin telah memasuki hari kedua, Rabu (31/10).

Terkait pelaksanaan kegiatan Operasi Zebra Gatarin 2018 Polres Lombok barat, Kasat Lantas Polres Lombok Barat Iptu Lalu Panca Warsa, SH mengatakan bahwa sesuai dengan petunjuk arahan dari pusat bahwa khusus Wilayah Polda NTB dan Polda Sulteng, walaupun terdampak bencana tetap melaksanakan kegiatan Operasi Zebra.

“Dalam pelaksananaannya dengan cara bertindak simpatik,” ungkapnya.

Kasat Lantas menjelaskan bahwa, untuk Wilayah Hukum Polres Lombok Barat yang terdampak gempa paling parah yaitu di Kecamatan Batulayar.

“Khusus di wilayah ini, nanti kita akan perbanyak kegiatan preemtif dan preventif terutama di posko-posko pengungsian,” imbuhnya.

Kegiatan preemtif yang dimaksudkan yaitu seperti himbauan-himabaun, kegiatan trauma healing, maupun dikmas kepada masyarakat.

Kasat lantas menjelaskan sasaran prioritas pelanggaran dalam Operasi Zebra Gatarin 2018 karena berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalilintas antara lain pengemudi menggunakan handphone, melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, di bawah umur, tidak menggunakan helm SNI, menggunakan narkoba/mabuk dan pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Ditanya mengenai titik-titik lokasi kegiatan operasi, Kasat Lantas menjelaskan bahwa dalam menentukan Lokasi Kegiatan Operasi berdasarkan data pelanggaran dan kecelakaan lalulintas serta perkiraan Intelijen sehingga dalam pelaksanaannya tepat sasaran.

“Petugas Intelijen yang tergabung dalam Satgas Deteksi melakukan mapping untuk menentukan titik-titik rawan dimaksud,” katanya lagi.

Selain itu, dalam pelaksanaannya Polres Lombok Barat menggandeng POM TNI untuk Bersama-sama melaksanakan kegiatan operasi sehingga diharapkan dapat memaksimalkan kegiatan Operasi Zebra Gatarin 2018 Polres Lombok Barat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close