Pengenalan Kapal Patroli Jenis RIB (RIGID INFLATABLE BOATS)

                              “Pelaksanaan Pelatihan Tactical boat di Laksanakan di Pelabuhan Lembar”

Lembar_Tribratanews. Personel Direktorat Kepolisian Perairan Polda NTB, mendapatkan Pelatihan tentang cara pemakaian dan perawatan Kapal Patroli jenis R I B (Rigid Inflatable Boat) oleh Korpolairud Baharkam Polri Rabu(10/10/2018).

Pelatihan ini di Pimpin Langsung Oleh WADIR POLAIR POLDA NTB AKBP SIGIT HARI WIBOWO, S.I.K dan Kasi Patwalair Subdit Patroli Air Dit Polair Baharkam Polri AKBP HARRY GUNAWAN, S. Kom., M.M. sebagai Tim Pelaksana Pelatihan “TACTIKAL BOAT” tersebut menjelaskan Kapal Patroli jenis R I B (Rigid Inflatable Boat) ini adalah kombinasi antara speedboat rigid yang terbuat dari FRP (fiber-kaca diperkuat poliester) dan tabung terbuat dari hypalon, yang menjaga stabilitas saat bermanuver sekaligus sebagai instrumen  mengambang. ia terinstall di FRP kaku, dapat overhauled, dan berubah. Khusus kualitas R I B ini, meskipun gelombang laut, masih aman, nyaman, dan stabil dalam kecepatan tinggi. Speedboat ini sangat cocok untuk Patroli di laut maupun di Sungai, Jelas AKBP HARRY GUNAWAN, S. Kom., M.M.

Ia menambahkan “Kapal Patroli Jenis RIB (Rigid Inflatable Boat) ini di Dukung dengan 2 mesin dengan Kapasitas 600 PK merek YAMAHA”.

Selain mendapatkan pengenalan dan pelatihan tentang pemakaian dan perawatan Kapal Patroli jenis R I B (Rigid Inflatable Boat) tersebut 15 personel Dit Polair Poda NTB juga mendapatkan materi penggunaan Alat alat kenavigasian dan Komunikasi bawah Laut yang terdapat di kapal tersebut di laksanakan di Kolam Renang ADI TIRTA.

Menurut Kasi Patwal Baharkam Polri, kapal bermesin YAMAHA 300 PK tersebut sangat lengkap peralatannya  seperti Marine Compass,  Global Position System (GPS), Radar, Teropong Binacular, Lampu-lampu Navigasi, Radio VHF, Radio SSB Marine, Megaphone dan Handy Talky sehingga dapat membantu dalam pelaksanaan Patroli perairan, Tambahnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close