Dit Polair Polda NTB Mengamankan Kapal yang Tidak di Lengkapi SPB

                                       KMN. CAHAYA REMBULAN Yang diamankan Dit Polair Polda NTB

tribratanews. Karena tidak mempunyai surat persetujuan berlayar (SPB), Direktorat Kepolisian perairan menyita satu kapal penangkap ikan asal Sulawesi Selatan, KMN. CAHAYA REMBULAN KPPS. Kapal tersebut diamankan pada saat bertolak dari Pelabuhan Kayangan menuju Pulau Kapoposang Bali, Sulawesi Selatan.

Direktur Keposian Perairan Polda NTB KOMBES POL I Made Sunarta, SE.,M.H. Melalui KASUBDIT GAKKUM Dit Polair Polda NTB AKBP Erwin Ardiansyah. S.I.K.,M.H mengatakan, kapal yang dikemudikan pria berinisial S (48) itu dengan terpaksa diamankan karena tidak memiliki izin berlayar.

“Kapal KM. CAHAYA REMBULAN KPPS kami amankan karena berlayar tanpa memiliki surat persetujuan berlayar (SPB) yang dikeluarkan syahbandar,” kata Erwin Ardiansyah. S.I.K.,M.H Kamis (11/10/2018).

Dia mengatakan bahwa kapal berkapasitas 14 GT (Gross Tonage) itu diamankan pada Rabu 10 Oktober 2018 Pukul 02.00, oleh Personil Dit Polair Polda NTB yang bertugas menggunakan Kapal Polisi XXI-1001. Kapal yang hendak berlayar menuju Pulau Kapoposang Bali, Kec. Liukang Tangae, Kab. Pangkep Sulawesi Selatan, itu diketahui mengangkut  balok es dari Pelabuhan Kayangan Lombok timur.

Lebih lanjut S yang merupakan nahkoda kapal itu mengaku kepada petugas kepolisian bahwa aktivitas mencari dan menangkap ikan biasanya dilaksanakan di sekitar perairan Lombok dan sumbawa.

Selanjutnya Kapal KMN. CAHAYA REMBULAN KPPS diamankan di Pangkalan Dit Polair Polda NTB yang berada di Kayangan Lombok Timur dan Nakhoda beserta ABK diamankan menuju DIREKTORAT KEPOLISIAN PERAIRAN POLDA NTB untuk penyidikan lebih Lanjut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close