Gelapkan Mobil Gadai, Pecatan Polisi Ditangkap

Mataram – Gagal melanjutkan kedinasan polisi membuat MM alias MY (33) makin menjadi-jadi. Dipecat karena mangkir dinas, warga Gerung, Lombok Barat itu mulai nakal. Dari menjadi pelaku illegal logging sampai menggelapkan mobil.

MY ditangkap Polres Mataram atas dugaan menggelapkan mobil Toyota Avanza DR 1253 FZ. Korbannya pensiunan polisi yang merugi hampir mencapai Rp150 juta.

“Pelaku ini menjual mobil sebesar Rp80 juta. Dari korban pelaku menerima gadai Rp20 juta,” ungkap Kapolres Mataram, AKBP Muhammad, Senin (8/10).

Perjanjian gadai itu dicederai pelaku yang malah menjual mobil ke orang ketiga. Bahkan dengan nilai yang lebih tinggi. STNK dan BPKP mobil keluaran 2015 itu lengkap dalam penguasaan pelaku.

Penangkapan MY berawal dari korban yang hendak menebus uang gadai kepada pelaku. Tapi saat didatangi, mobil tidak ditemukan.

“Terakhir digadai ke seseorang di Cakranegara. Itu sudah yang kesekian tangan. Memang begitu modusnya pelaku ini,” ujarnya.

Akhir pekan lalu, pelaku yang berpangkat terakhir Bripka ini digerebek di kosnya di Cakranegara. Mobil gadai sudah disita lebih dulu.

Muhammad menerangkan, MY dipaksa mengakhiri karirnya sebagai polisi pada tahun 2017 lalu. Pernah berdinas di Polres Lombok Utara.

“Tahun lalu dia sudah diberhentikan tidak dengan hormat alias dipecat,” ucapnya.

Pelaku MY dijerat dengan pasal 372 dan 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan yang ancaman pidananya paling lama empat tahun.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close