Polisi Bekuk Penyebar Berita Hoax di Lombok Timur

TERSANGKA PENYEBAR BERITA HOAX SAAT DIAMANKAN SEMENTARA DI POLSEK LABUHAN HAJI

Selong – EW (27) Seorang ibu rumah tangga (IRT) di Desa Penendagandor, Kecamatan Labuhan Haji, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, terpaksa harus berurusan dengan pihak Kepolisian, Dia ditangkap tim gabungan reserse kriminal Polres Lotim dan tim Opsnal Polda NTB, karena diduga telah menyebarkan informasi hoax / bohong tentang potensi gempa yang akan terjadi di Pulau Sumbawa.

Tim gabungan dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda NTB dan Satuan Reserse Kriminal Polres Lombok Timur menangkap yang bersangkutan pukul 18.00 Wita, Selasa, 2 Oktober 2018 yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Lombok Timur AKP Joko Tamtomo, SIK.

Kabid Humas Polda NTB AKBP Komang Suartana menjelaskan, terduga pelaku melalui akun facebooknya, mengirim postingan yang bersifat hoax soal potensi gempa yang akan terjadi di Pulau Sumbawa.

“Pelaku memposting konten berisi hoax yang belum pasti kebenarannya, sehingga membuat masyarakat resah,” jelas Kabid Humas, Rabu, (3/10).

Pada akun facebooknya yang bernama Rianie Nasa, IRT tersebut menulis, “NTB masih waspada terutama pulau sumbawa… YA ALLAH… ASTAGHFIRULLAH.”

Dalam prosesnya, polisi menyita barang bukti yang diduga kuat ada keterkaitan dengan penyebaran berita hoax tersebut. Diantaranya handphone dan kartu sim (Subscriber Identity Module) milik EW yang sedang login akun facebooknya.

Untuk pengembangan lebih jelasnya, saat ini EW diamankan di Markas Polda NTB.

Kapolres Lombok Timur melalui Kasubbag Humas Iptu I Made tista mengimbau, khususnya yang ada di Kabupaten Lombok Timur, supaya bijak dalam bermediasosial, tidak membagikan berita yang belum jelas kebenarannya, apalagi dengan sengaja membuat konten berita bohong yang dapat mengganggu stabilitas kamtibmas.

“Karena hal demikian itu dapat menjerat anda dengan undang – undang Informasi dan transaksi Elektronik (UU ITE),” pungkas Tista.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close