Bantuan Dari Polda NTB untuk Palu Dikirim

proses pengiriman bantuan
proses pengiriman bantuan

Mataram – Bantuan untuk saudara-saudara di Kota Palu, hari ini, Selasa (2/10) dikirim Polda NTB. Bantuan itu ditujukan untuk para korban gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu.

Bantuan tersebut dikirim Kapolda Nusa Tenggara Barat, Irjen Pol Drs. Achmat Juri, M.Hum melalui  jalur laut dengan menggunakan Kapal Polairud, KP Abimanyu milik Mabes Polri yang selama ini bersandar di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat  yang  di BKOkan di Polda NTB, pasca terjadinya gempa bumi yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu.

Direktur Polair Polda NTB, Kombes Pol. I Made Sunartha, SH, MH,  di tengah suasana  pengangkutan bantuan keatas kapal menegaskan  bantuan yang dikirim tersebut  berupa  sembako terdiri dari beras 400  sak masing-masing berisi 5 Kg, Biskuit Kaleng 50 dus, Sarimi Campur, 100 dus, Air mineral 330 dus, Biskuit Campur Pak 100 dus, Pop Mie Jumbo 100 dus, Susu UHT 200 dus, Vitamin Campur 100 dus Sarung 10 dus, Selimut 2 karung dan Tikar Plastik 50 dus, serta tambahan dari Binmas Polda NTB berupa Biskut 10 dus dan Sajadah 300 lembar.

“Bantuan ini dari Kapolda, atas nama Polda NTB, untuk meringankan saudara-saudara kita yang ada di Palu dan Donggala yang ditimpa musibah gempa dan tsunami, pada Jumat (28/9/2018) lalu,” kata Kombes Pol. I Made Sunartha.

Pengambilalihan Kapal Abimanyu milik Polair Mabes Polri, atas perintah Kapolri Jenderal (Pol) HM. Tito Karnavian, yang  harus di gerakkan menuju Sulawesi Tengah, guna membantu evakuasi warga Palu dan Donggala yang terjebak dalam bencana musibah gempa bumi  dan Tsunami.

Kapal Abimanyu ini  memiliki kemampuan SAR dan merubah air laut menjadi air tawar untuk kepentingan kebutuhan air bagi para pengungsi korban gempa dan Tsunami.  Baik untuk memasak, mandi, mencuci maupun untuk kebutuhan air  minum.

Perjalanan Kapal Abimanyu dari Lombok Barat, NTB menuju  perairan Sulawesi Tengah diperkirakan membutuhkan waktu 4 hari perjalanan.

“Kami perkirakan kalau cuaca bagus, bisa  3 hingga 4 hari sampai di Palu dan Donggala,” tanbahnya.

Kapal Abimanyu membawa kru 28 personil dengan Komandan  Kapal, Kompol. Agus.

Sementara itu, Kabid Humas Polda NTB, AKBP I. Komang Suartana,SIK  yang juga hadir dalam pengiriman bantuan tersebut, menyatakan penarikan kapal Abimanyu dari Polda NTB oleh Mabes Polri untuk di BKOkan lagi di Polda Sulawesi Tengah, tidak akan mengganggu jalananya operasi penanganan rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana gempa di Lombok NTB.

“Saya rasa tidak akan mengganggu, karena masih ada pasukan lain Brimob dan Sabhara Polda NTB yang akan menangani bencana gempa di Lombok NTB,” ucap I Komang Suartana.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close