Aksi Donor Darah Polres Bima Kota dan Kodim 1608/Bima

Polres Bima Kota dan Kodim 1608/Bima kembali menggelar kegiatan Bhakti Sosial dalam rangka HUT TNI ke 73 dan HUT Polantas ke 63 tahun 2018 yaitu kegiatan Donor Darah,kegiatan ini dilaksanakan di Rupattama Polres Bima Kota. Selanjutnya darah tersebut disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bima.

Kegiatan donor darah ini merupakan hasil kerja sama PMI Kota Bima, kodim 1608/bima, Polres bima kota yang bekerja sama dengan RSUD Bima, dihadiri sekitar 150 orang anggota Kodim 1608/Bima, Polres Kota Bima, Kompi Senapan A 742/SWY, Persit KCK Cabang XXVII serta Ibu Bhayangkari Polres bima kota, dengan mengambil tema ” Darahmu Semangatmu, Melalui Sekantung Darah Untuk Satu Nyawa dan Beribu Kebahagiaan”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,Kapolres Kota Bima AKBP Ida Bagus Winarta S.I.K, Dandim 1608/Bima Letkol Inf. Bambang Kurnia Eka Putra,  Pasi Teritorial Kodim 1608/Bima Kapten Inf. Ibrahim, Pasi Pers Kodim 1608/Bima Kapten Inf. Ahmad, Kasat Lantas Polres Kota Bima AKP Supyan Hadi,Danki Senapan A 742/SWY Lettu Inf. Satria, Anggota Makodim dan perwakilan Anggota Koramil, Perwakilan Anggota Kompi Senapan A 742/SWY, Perwakilan Persit Candrakirana Cabang XXVII Kodim 1608/Bima, Perwakilan Ibu Bhayangkari Polres Kota Bima.

Mendonorkan darah memiliki banyak manfaat di antaranya bisa merangsang sumsum tulang tetap keadaan aktif. Darah yang didonorkan sekitar 350 cc akan digantikan dengan 350 cc darah baru yang mempunyai fungsi dan kekuatan lebih optimal guna mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh sehingga tubuh secara umum akan terjaga kesehatannya.

Dalam sambutannya Kapolres Bima Kota AKBP Ida Bagus Winarta, S.I.K., mengatakan “Melalui donor darah ini, diharapkan dapat mencukupi dan mengamankan stok darah di PMI, dan membantu sesama. Di sisi lain, sinergi antara TNI-POLRI ke depan semakin baik, guna memberikan rasa aman bagi masyarakat dan bangsa,” pungkas Kapolres Bima Kota.

Beliau menambahkan dengan menyumbangkan darah berarti kita telah menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkannya,sebab setetes darah yang kita sumbangkan akan sangat berarti bagi keselamatan jiwa sesama manusia.”Kegiatan donor darah merupakan bentuk kepedulian sosial kemanusiaan yang nyata,dimana hal ini mendukung pemerintah dalam mengatasi masalah kekurangan darah bagi sesama yang membutuhkannya.” selain manfaatnya untuk program kemanusiaan dari aspek kesehatan donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan non fisik bagi pendonor.

Dalam sambutannya Dandim 1608/Bima Letkol Inf. Bambang Kurnia Eka Putra mengatakan, kegiatan kemanusiaan ini merupakan salah satu wujud kepedulian sosial TNI Polri   dan sekaligus meningkatkan Sinergitas -TNI Polri dalam membantu ketersediaan darah di PMI.

“Ke depan, berbagai momentum juga akan diagendakan serupa, sehingga antara TNI dan Polri saling menguatkan,” tegas Dandim.byMRA

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close