Di Mapolres Lobar, Sebanyak 53 Warga Mendapat Akte Kelahiran Gratis

Akte Kelahiran Gratis Kerjasama Bhayangkari Daerah NTB, Bhayangkari Cab. Lobar, dan Dukcapil Lobar

Lembar – Bhayangkari Daerah Nusa Tenggara Barat, dan Bhayangkari Cabang Lombok Barat  bekerjasama dengan Dinas Dukcapil Kab.  Lobar menyerahkan Akte Kelahiran Gratis untuk Masyarakat di Aula Patriatama Polres Lobar (17/09).

Kegiatan dihadiri oleh Ibu Ketua Bhayangkari Daerah NTB Ny. Risna Achmad Juri,  Wakil Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Ny. Firda Agus Salim,  Ibu Ketua Cabang Bhayangkari Lobar Ny.  Donna Heri Wahyudi,  wakil ketua Ny.  Yanti Fauzan Wadi, para Ibu Bhayangkari Cabang Lobar,  para Bhabinkamtibmas Polsek jajaran dan warga masyarakat yang menerima Akte Kelahiran.

Ibu Kapolda NTB atau Ketua Bhayangkari Daerah Nusa Tenggara Barat Ny. Risna Achmad Juri mengatakan bahwa kegiatan Akte Kelahiran gratis ini dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhanyangkari yang ke 66 tahun 2018.

“Terima kasih kepada semua yang hadir,  panitia menyelenggarakan pemberian akte kelahiran gratis yang bekerja sama dengan Bhayangkari Cabang Lombok Barat dan Dinas Dukcapil Kab.  Lobar,” ungkapnya.

Ibu Kapolda NTB juga mengatakan bahwa akte kelahiran untuk warga masyarakat yang ada di wilayah Kab. Lobar seluruhnya berjumlah 53 orang.

“Atas nama Pengurus Bayangkari Daerah Nusa Tenggara Barat mengucapkan terima kasih kepada Dinas Dukcapil Kab.  Lobar, semoga pemberian akte kelahiran kedepannya dapat berkelanjutan,” imbuhnya.

Kepala Dinas Dukcapil Lombok Barat H.  Muridun SE, MM mengatakan bahwa pemberian akte gratis kepada warga masyarakat tetap mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Layanan masyarakat yang membutuhkan Akte Kelahiran,  harus ada Buku Nikah,” ungkapnya.

Muridun, SE,MM juga mengatakan bahwa masih cukup banyak anak di Lombok Barat yang tidak mempuyai Akte Kelahiran. Saat ini lobar sudah terselesaikan sebesar 93 %, dan tinggal 7 % yang belum mempunyai Akte Kelahiran.

“Diharapkan agar kegiatan pemberian akte kelahiran kepada warga masyarakat berkelanjutan dengan membuat MOU antara Dukcapil dengan Bhayangkari,” imbuhnya

Hal ini dimaksudkan agar MOU antara Bhayangkari dan Dukcapil diketahui juga oleh Bupati Lobar.

“Berdasarkan data BKKBN Lombok Barat jumlah ibu hamil di wilayah kab lobar sebanyak 16.000.000, orang, dimana Desember tahun ini harus tuntas,” tutupnya.

Selanjutnya Penyerahan cindera mata kepada Kepala Dinas Dukcapil Kab.  Lobar oleh Ibu Ketua Bayangkari Daerah Nusa Tenggara Barat yang didampingi Ibu Ketua Cabang Bhayangkari Lobar, dan Penyerahan akte kelahiran secara simbolis kepada perwakilan masyarakat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close