Pasar Narmada Lombok Barat Semalam Hangus Terbakar

proses pemadaman kebakaran
proses pemadaman kebakaran

Mataram – Kepolisian Polres Mataram saat ini masih mendinginkan lokasi kebakaran Pasar Narmada, Lombok Barat yang hangus terbakar Kamis (30/8/2018) malam, sekitar pukul. 23.45 Wita.

Kasubbag Humas Polres Mataram, AKP I Made Arnawa menjelaskan kebakaran hebat tersebut telah menghangus 95 porsen bangunan pasar.

Berdasarkan keterangan saksi di TKP, kebakaran yang melanda Pasar Narmada berawal dari suara letusan dari dalam pasar disertai dengan api yang menyala di salah satu toko.

“Belum lama petugas piket mendapat laporan langsung turun kelokasi, namun tak berselang berapa lama api semakin membesar, lalu petugas piket menelpon petugas kebakaran,” ujar, AKP I Made Arnawa, Jumat (31/8/2018) pagi.

Empat unit mobil Dinas Pemadam Kebakaran Lombok Barat dan 3 Unit Mobil Dinas Pemadam Kebakaran Kota Mataram dikerahkan semalam dibantu 1 unit mobil Tangki Dinas Pertamanan Kota Mataram dan mobil Water Canon Polres Mataram, Polda NTB dan Sat. Brimob Polda NTB tiba di Lokasi kejadian kebakaran dan berusaha memadamkan api.

“Sampai pada Jumat pukul 02.15 Wita dini hari api belum dapat dipadamkan, namun api sudah mengecil,” ujarnya.

Petugas gabungan Polisi, Pemadam Kebakaran dan Tim Inafis Polres Mataram masih mendinginkan lokasi kebakaran.

Kasubbag Humas Polres Mataram, AKP I Made Arnawa menjelaskan diduga kuat penyebab kebakaran berasal dari Konsleting arus pendek.

“Api cepat membesar dipicu oleh terbakarnya barang–barang yang tersimpan di dalam toko merupakan bahan yang mudah terbakar seperti baju, plastik, gas maupun minyak,” katanya.

Sementara itu, kebakaran hebat juga terjadi pada hari Kamis siang sekitar pukul. 11.15 wita bertempat di Jalan. Swasembada Nomor 122, Karang Pule, Kota Mataram melanda Asrama Putri Satu Pondok Pesantren NU “Nurul Islam”.

Kobaran api membakar tiga kamar santri dan satu kamar gudang. Kasus kebarakan tersebut menimbulkan kerugian pemilik Asrama Hajjah Wartiah, Mpd yang merupakan anggota DPRD NTB.

Satu jam kemudian sekitar pukul. 12.00 Wita api baru bisa dijinakan oleh dua unit mobil Dinas Pemadam kebakaran dan satu unit mobil Water Canon Polres Mataram.

“Penyebab dari terjadinya kebakaran juga diduga kuat diakibatkan oleh arus pendek listrik yang berasal dari salah satu kamar santri,” pungkas Arnawa.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close