Misi Kemanusian Untuk NTB, Polri Kirim 409 Personil

BKO Polri perkuat penanganan gempa lombok
BKO Polri perkuat penanganan gempa lombok

Mataram – Misi kemanusian untuk menambah kekuatan personel penanganan bencana di Lombok, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengirimkan Personel tambahan berasal dari Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri, Polda Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Kabid Humas Polda NTB AKBP Komang Suartana mengatakan, personel tambahan berjumlah 409 orang. Mereka akan bertugas membantu penanganan bencana gempa bumi di Lombok hingga 31 Agustus.

”Sudah tiba di Lombok Selasa malam,” kata Suartana, kemarin (21/8).

Ratusan personel bantuan, berada di bawah kendali operasi (BKO) Kapolda NTB Irjen Pol Achmat Juri. Tugas mereka ikut membantu tim penanganan bencana, yang telah lebih dulu berada di Lombok, melakukan evakuasi korban dan pembersihan puing reruntuhan.

Selain itu, kata Kabid Humas, personel tambahan mengambil peran pemulihan pascabencana. Seperti trauma healing hingga penanganan kesehatan terhadap pengungsi yang juga korban gempa.

”Semua yang diturunkan sudah berpengalaman di bidangnya,” ujar dia.

Mengenai wilayah tugasnya, personel yang telah disiapkan akan dikerahkan ke beberapa daerah terdampak bencana. Pengerahan pasukan disesuaikan dengan instruksi Kapolda NTB sebagai pengendali personel.

”Disesuaikan dengan instruksi pimpinan. Ada yang di Lombok Utara, Lombok Timur, atau bahkan sampai ke Sumbawa. Karena di gempa terakhir, beberapa daerah di Sumbawa juga mengalami terdampak,” tandas dia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close