Kapolres Sumbawa Barat: Survei Kebutuhan Masyarakat yang Terkena Dampak Gempa


Taliwang- Gempa bumi yang berpusat di 8.28 LS 116.71 BT, 30 Km Timur laut Lombok

Timur-NTB mengguncang Nusa Tenggara Barat, Minggu (19/08). Gempa yang berkekuatan 7.0 Magnitudo dengan kedalaman 10 km itu terjadi pada pukul 22:56:27 WITA dini hari.

Adapun di Markas Polisi, asrama Polres Sumbawa Barat mengantisipasi kepanikan para penghuni asrama, sontak Kapolres Sumbawa Barat AKBP Mustofa, Sik,M.H bergegas memerintahkan anggota sat sabhara untuk langsung mendirikan tenda darurat untuk anak-anak dan Ibu-ibu penghuni asrama di lapangan belakang. Di situasi lain, Kapolres jg Memerintahkan Polsek jajaran utk langsung mengevakuasi korban dan terus memantau kondisi berkelanjutan.

Pada senin pagi sekitar pkl 09:23 wita atas perintah Kapolres langsung, seluruh anggota Polres berkumpul utk melaksanakan evakuasi di wilayah-wilayah yang terkena dampak serius gempa bumi minggu malam. Di pimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Sumbawa Barat Kompol Edi Susanto S.Sos, para personel yang menerima perintah tersebut langsung bertolak ke kecamatan seteluk yg sedari minggu malam kemarin sudah mendapatkan informasi bahwa sudah ada korban meninggal dunia akibat bencana alam tersebut, (21/08).

Tidak sampai disana saja, evakuasi akan tetap berlanjut sampai tindakan menjadi semaksimal mungkin. Kabar-kabar bohong juga semakin mencuat pasca gempa yg terjadi. Mustofa pun menekan balik kabar berita yang semakin menambah kepanikan masyarakat kepada para personelnya, “Tolong, jangan biarkan berita kepanikan menyebar jika perlu, kasi saja nomor handphon kalian kalu saja ada yang membutuhkan bantuan kita, agar cepat respon dan memutar lagi isu-isu negatif yang berkembang”, ujarnya.

Kepada perwira pengendali, Kapolres juga meng-atensi agar desa-desa yang terkena dampak gempa supaya di survei kebutuhan yang diperlukan untuk masyarakat. “Saya mohon agar kegiatan kita mempunyai arah, tidak asal-asalan. Mari kita bekerja dengan ikhlas”,¬† mustofa memungkas lagi. (L.H.A)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close