Mobil Water Treatment Untuk Korban Gempa Lombok

Tanjung Lotara, Kepolisian telah menyiagakan dan mengoperasionalkan Satu unit mobil pengolahan air (Water Treatment) yang didatangkan dari Mako Korbrimob Polri sejak (12/8) di Kabupaten Lombok Utara guna melayani kebutuhan air bersih bagi para pengungsi korban gempa bumi lombok.

Mobil watter treatment (Mobil pengolahan air) dibawa dengan mengguankan Kapal Lagundi melalui pelabuhan Surabaya dan kemampuan Mobil ini bisa menyuling air kotor menjadi air layak minum sebanyak 3 Ton saat ini Mobil water treatment milik Brimob terparkir di lapangan Tanjung untuk melayani kebutuhan air bersih bagi pengungsi.

Operator mesin water treatment mengatakan ada berbagai macam air yang bisa disuling untuk menjadi air bersih, untuk penyulingan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Hasil penyulingannya bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan dan bisa diminum.

Kendaraan ini dapat menyuling air payau, air sumur, air sungai, air pam  menjadi air bersih hingga 10 Ton dan yang bisa dikonsumsi sebanyak 3 ton sementara untuk air laut bisa menjadi air bersih sampai setengah Ton atau 500 Kg, Mobil water treatment ini juga menyedikan keran dengan berbagai fungsi. Selain untuk ukuran gelas, kemasan air mineral 1,5 liter sampai ukuran galon. Ada juga keran khusus air dingin dan hangat.

Dengan desain yang kompak dan apik serta dilengkapi trailer bukaan samping dengan menggunakan hidrolik mobil ini memiliki kapasitas daya saring sampai 3.000l per jam dan bisa digunakan untuk menyuling air laut. Kendaran ini sangat berperan untuk memenuhi kebutuhan Air minum bagi para pengungsi di Wilayah Lombok Utara dan sudah banyak warga yang menmanfaatkan keberadaan mobil ini untuk memenuhi kebutuhan air minum mereka selama di pengungsian. (ijbm)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close