Trauma Healing Pasca Gempa 6,2 SR di Lapangan Gajah Mada Polda NTB

Pelayanan Trauma Healing yang dilakukan Bag Psikologi Ro SDM Polda NTB di Lapangan Gajah Mada

Mataram – Pasca gempa besar ke tiga dengan skala 6,2 SR mengakibatkan banyak bangunan di Kota Mataram rusak berat. Masyarakatpun semakin trauma dengan situasi ini. Maka Kapolda NTB Irjen Pol Drs Achmat Juri berinisiatif segera membuka Posko Tanggap darurat di Lapangan Gajah mada Polda NTB dengan berbagai layanannya.

Salah satunya ialah pelayanan psikologi untuk mencegah trauma terutama pada anak-anak yang berkepanjangan.

Jumlah pengungsi di lapangan Gajah Mada hingga, Jum’at (10/8) diperkirakan ada sekitar 1.000 orang mulai dari anak-anak sampai Lansia yang berasal dari Personel Polda NTB sendiri dan warga masyarakat kota Mataram.

“Ada kegiatan bhakti kemanusiaan, psychology First Aid, pelayanan konseling psikologi dan pendampingan psikologi kepada para korban gempa di lapangan Gajah Mada Polda NTB,” kata Kabid Humas di Mataram.

Dijelaskan komang, kegiatan ini dilakukan dengan cara mendatangi para korban ke tenda-tenda pengungsian kemudian memberikan bantuan sembako, mendengarkan keluhan, berempati atas musibah yang dideritanya menstabilisasikan kondisi psikologisnya.

“Pelayanan Trauma Healing untuk anak-anak yang berjumlah sekitar 100 anak-anak dilakukan dengan metode dongeng, bernyanyi, terapi bermain dan games,” kata Komang.

Dilanjutkan dia, tujuan kegiatan ini adalah untuk meringankan beban psikologis dan mencegah trauma berkepanjangan kepada para korban terdampak gempabumi. (azi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close