Polisi Mulai Sidik Dugaan Korupsi Pembangunan Madrasah di NTB

ilustrasi dugaan korupsi

Mataram – Proses penanganan kasus dugaan korupsi terhadap pembangunan tahap dua gedung Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, masuk tahap penyidikan di Polda NTB.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda NTB Kombes Pol. Syamsuddin Baharudin di Mataram, Rabu(12/7), mengatakan, langkah ini dilakukan setelah pihaknya melakukan gelar perkara dan menyatakan adanya alat bukti yang cukup kuat untuk meningkatkan statusnya ke tahap penyidikan.

“Sudah ada dua alat bukti yang cukup, makanya naik penyidikan,” kata Dirreskrimsus.

Terkait dengan rangkaian penyidikannya, Syamsuddin enggan membeberkan secara detail. Namun dia memastikan bahwa rangkaian penyidikan dilakukan untuk penguatan alat bukti yang mengarah pada peran tersangkanya, termasuk mencari potensi kerugian negara.

“Intinya untuk penguatan alat bukti, tidak bisa saya jelaskan itu (permintaan perhitungan kerugian negara), itu masuk teknis,” ujarnya.

Meski demikian dia mengungkapkan bahwa proyek tahap dua Kementerian Agama RI di tahun 2015 ini mulai ditangani pada awal tahun 2018 berdasarkan adanya laporan masyarakat.

Sampai masuk pada tahap penyidikan, penyidik Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda NTB sudah melakukan penyitaan sejumlah dokumen proyek. Begitu juga dengan meminta keterangan dari para pihak terkait, mulai dari pejabat Kemenag, pengurus MAN IC, rekanan, serta ahli.

“Yang jelas itu (proyek) ada beberapa item, pagunya sampai Rp8,5 miliar, dari Kemenag langsung,” ucapnya.

Anggaran pembangunan MAN IC tahap dua ini digunakan untuk pembangunan asrama putra dan dapur. Proyek yang dimulai pada tahun 2014 dengan 29 item yang ditargetkan tuntas pada tahun 2021 ini diperkirakan menelan anggaran mencapai Rp240 miliar.

MAN IC yang berada di Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur, mulai beroperasi pada tahun ajaran 2017/2018 setelah diresmikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada November 2017 lalu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close