Hasil Pilkada Gubernur, Kapolda NTB : Tunggu Pengumuman Resmi KPU

Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Achmat Juri, M.Hum

Mataram – Kapolda NTB, Brigjen Pol Achmat Juri, M.Hum, meminta seluruh masyarakat di wilayahnya agar tetap tenang dan bersabar menunggu pengumuman resmi yang akan dilakukan oleh KPU NTB pada 9 Juli 2018, terkait hasil Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2018.

“Kami imbau masyarakat agar sebelum ada pengumuman resmi dari KPU, sebaiknya informasi soal hasil final Pilgub NTB janganlah dipercaya. Yang sah itu ada waktunya,” ujar Brigjen Achmat Juri saat menjadi pembicara pada diskusi Pilkada damai bertajuk ‘Demokrasi Berintegritas, Masyarakat Bermartabat’ yang dihelat stasiun TVRI di hotel Aruna, Pantai Senggigi, Lombok Barat, Rabu (4/7).

Kapolda mengatakan adanya hasil salah satu lembaga survei nasional, LSI Denny JA yang telah merilis hasil hitung cepat atau quict count mereka baru–baru ini, sebaiknya dimaknai hanya sebatas informasi semata.

Menurutnya, pengumuman yang sah sesuai ketentuan peraturan perundangan–undangan adalah yang dilakukan oleh lembaga yang sah, legal dan ligitimate. Yakni, KPU NTB. “Mari kita sama–sama bersabar menunggu hasil yang resmi dan sah dari KPU, sebagai lembaga yang sah dan yang dapat dipercaya,” kata Kapolda.

Saat ini, Polda NTB tengah fokus mengamankan proses rekapitulasi yang sedang berlangsung oleh penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten/kota di semua wilayah NTB.

Apalagi, lanjut dia, skema pengamanan telah dimulai dari awal, mulai pemungutan suara di TPS hingga proses perhitungannya.

“Kami sudah berkomitmen akan mengawal jalannya Pilkada dengan baik dan benar. Makanya, seluruh anggota telah terjunkan anggota untuk mengawal dan mengamankan prosesnya dari awal hingga akhir pemilihan,” tegas Kapolda.

Ia berharap situasi NTB yang saat ini telah aman dan tertib agar terus dipertahankan. Mengingat, jika kondusifitas suatu wilayah bisa sukses dalam Pilkada kali ini, maka akan bisa dilanjutkan pada tahapan proses demokrasi selanjutnya. Yakni, Pemilihan calon anggota legislatif (Caleg) dan Pilpres 2019.

“NTB ini sudah punya modal yang bagus, mulai dari pertumbuhan ekonomi dan kewilayahannya. Jadi, tugas kita marilah kita pelihara NTB yang sudah aman, damai dan kondusif saat ini agar terus terjaga hingga pesta demokrasi yang lebih besar dan berskala nasional,” tandas Brigjen Pol Achmat Juri.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close