Polsek Peringgabaya Berhasil Amankan Aksi Penolakan Pengangkuta Pasir Besi

PIHAK KEPOLISIAN SAAT MELAKUKAN MEDIASI

Peringgabaya – Personel Polsek Peringgabaya kawal ketat Puluhan warga Dalpak Dusun Pohgading, Kec. Pringgabaya yang beramai ramai mendatangi Kantor Desa Pohgading dengan membawa spanduk Penolakan Pengangkutan Pasir Besi di Pantai Dalpak.

Sebelum menyampaikan tuntutanya, Pihak Kepolisian Sektor Peringgabaya mengimbau kepada Seluruh Masa Aksi untuk tetap menjaga ketertiban dan aturan aturan dalam menyampaikan pendapat , serta tetap menjaga keamanan dan ketertiban.

Koordinator Umum Dodi, dan Abd. Rahim selaku koordinator lapangan yang mewakili masa aksi yang tergabung dari masing masing Kekadusan setempat. Saat mediasi di Kantor Desa Pohgading pada (15/5/2018). Dalam tuntutannya massa aksi dan masyarakat Pohgading menyampaikan hal hal sebagai berikut:

  1. Meminta ijin pada kepala desa utk pemasangan spanduk Penolakan Penambangan Pasir Besi di Dusun Dalpak, Desa Pohgading Kec. Pringgabaya
  2. Menolak segala bentuk penambangan pasir besi yang ada di dusun Dalpak baik dikelola ataupun dibawa keluar.
  3. Selama ada penambangan ini tidak pernah ada konfirmasi atau sosialisasi terkait penambngan pasir besi dalam bentuk apapun.
  4. Mempertanyakan keberpihakan beberapa warga setempat yang sebelumnya menolak penambangan namun sekarang ini memihak ke Perusahaan penambangan.
  5. Rekomendasi surat yg ditanda tangani oleh kades sebelumnya agar ditarik atau dicabut.
  6. Menghentikan segala bentuk aktifitas penambangan pasir besi di Dusun Dalpak untuk sementara waktu.

Dalam waktu yang bersamaan Kepala Desa Pohgading, Mukti saat menemui massa aksi di Aula Kantor Desa setempat bersama kanit reskrim Polsek Pringgabaya IPDA I Made Maryanayasa dan Kanit Intelkam sektor Pringgabaya IPDA Sarmi dan beberapa anggota BPD.

Menanggapi Tuntutan massa aksi tersebut Mukti mengeluarkan beberapa pernyataan

  1. Kades menerima permintaan dan tuntutan masyarakat dimaksud dengan pengawalan aparat Kepolisian
  2. Dalam waktu dekat akan dipertemukan dengan pihak perusahaan dan masyarakat setempat
  3. Terkait masalah surat yg ditanda tanganinya adalah bukan tanda tangan pengolahan tambang pasir besi melainkan tanda tangan tanggul pantai Dalpak. Dan akan mencabut surat perjanjian tersebut
  4. Pemerintah desa bersama masyarakat setempat dengan aparat keamanan untuk menghentikan sementara kegiatan penambagan pasir besi di Dusun Dalpak tersebut tandasnya.

Berkat koordinasi yang baik antara Masa aksi dengan Petugas keamanan, kegiatan dimaksud berakhir dengan aman.

 

Penulis : Syarif

Editor    : Azwin

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close