Polres Mataram Selenggarakan Tabligh Akbar Sambut Bulan Suci Ramadhan 1439 H

Mataram – Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 H, Polres Mataram selenggarakan Tabligh Akbar dan Do’a Bersama di Masjid Raya Habbul Wathan Mataram IC (Ismamic Center), Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (15/5) sore.

Tabligh Akbar dengan agenda “Dalam Rangka Menjaga Situasi Kamtibmas yang Kondusif pada Pemilukada Serentak Tahun 2018 di Kota Mataram” ini mendatangkan pembicara sekaligus Da’i Dai Putra NTB Ustadz Mizan Qudsyiah, Lc., MA, acara tersebut dihadiri Kapolres Mataram AKBP Muhammad, SIK, Wakapolres Mataram Kompol Nanang Budi Santosa, SIK, PLT Walikota Mataram H. Mohan Roliskana, S.Sos, Dandim 1606 Lobar Letkol CZI Djoko R, Kepala Depag Kota Mataram Drs. H. Burhanul Islam, Ketua MUI Kota Mataram TGH. Muchtar Abdul Manan serta Pejabat Polres Mataram, Pimpinan Pondok Pesantren se-Kota Mataram, Ketua orasi masyarakat Islam se-Kota Mataram, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan jamaah yang berjumlah sekitar 5.000 orang.

Selaku Kapolres Mataram, AKBP Muhammad menyampaikan bahwa yang dilaksanakan hari ini merupakan untuk menjalan tali silaturahmi antar umat beragama di Kota Mataram maupun bangsa Indonesia. “Dalam keragaman di Kota Mataram harus tetap terjaga, karena hubungan kerukunan beragama yang baik akan terjalinnya tali silaturahmi yang baik. Akan tetapi perlu juga tetap diantisipasi terhadap oknum – oknum yang memanfaatkan keharmonisan ini, apalagi saat ini sedang berlangsung Pilkada serentak dengan menyebarkan berita hoax/ujaran kebencian. Mari masyarakat untuk melawan hal – hal tersebut dan jangan mudah terpecah belah oleh segelintir orang – orang yang tidak bertanggungjawab. Mari masyarakat untuk berdoa kepada Allah SWT agar upaya – upaya ini berjalan dengan kondusif. Selain itu semoga pelaksanaan Pilkada 2018 khususnya di wilayah hukum Polres Mataram dapat terlaksana dengan baik lancar sesuai dengan harapan masyarakat,” kata AKBP Muhammad, SIK.

Sementara itu PLT Wali Kota Mataram juga mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT karena banyak jamaah yg telah hadir dalam acara tersebut sehingga semuanya dapat bersilaturahmi. Terima kasih juga diucapkan kepada Kapolres Mataram beserta jajarannya yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan ini karena dapat memperkuat iman & taqwa kepada Allh SWT. “Momentum kegiatan ini merupakan hal yang terbaik untuk semua masyarakat dalam mempererat keharmonisan antar umat beragama khususnya di Kota Mataram. Terkait dengan Pilkada 2018 ini merupakan Pilkada terbesar & tercepat di Indonesia, Untuk itu marilah masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kota Mataram menjadi kondusif sehingga pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan lancar,” Terang H. Mohan Roliskana, S.Sos.

Ustadz Mizan Qudsyiah, Lc., MA dalam tausiyahnya bahwa untuk beribadah kepada Allah SWT haruslah merasa aman dahulu, sehingga dapat fokus/konsentrasi dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. “Untuk itu keamanan/kedamaian sangatlah penting dalam kehidupan beragama, karena dalam menggapainya merupakan salah satu syariat dari Islam yaitu dengan menjaga agama, menjaga harta, menjaga kehormatan, menjaga keturunan dan menjaga akal. Apabila semuanya telah terjaga, Insya Allah keamanan/kedamaian akan tercipta karena islam merupakan agama yg aman/damai untuk umatnya. Allah memberikan jaminan kepada orang yang mengimani bahwa Allah adalah Rabbnya. Islam adalah agamanya dan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah nabiNya. Allah memberikan jaminan akan memelihara keamanan serta keimanannya dan menetapkan hidayah baginya. Mereka itulah, insan-insan yang memperoleh keamanan serta mendapatkan hidayah dariNya,” jelasnya.

Selanjutnya pembacaan doa dilakukan oleh Ketua MUI Kota Mataram TGH. Abdul Manan yang dirangkaikan dengan deklarasi “tolak hoax, ujaran kebencian, kekerasan, anti tetoris & mendukung Polri dalam penegakan hukum serta menciptakan Pilkada damai”. Kemudian penyerahan cendramata dari Kapolres Mataram kepada salah satu pimpinan Pondok Pesantren di Kota Mataram. Giat berakhir pada pukul 18.00 wita berjalan kondusif dan lancar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close