Sat Lantas Polres Bima Kenalkan “SIM Delivery” Dalam Pameran Display Inovasi Pelayanan Publik

Kapolres Bima AKBP Bagus S. Wibowo menjelaskan mekanisme sistem “SIM Delivery” kepada Menpan RB

MATARAM – Polres Bima ikut serta dalam Pameran Inovasi Pelayanan Publik dalam rangka monitoring kelayakan kenaikan tipe Polda NTB dari tipe B menjadi tipe A yang dilaksanakan pada hari Jum’at (11/5) di Mapolda NTB. Dalam pameran tersebut, Polres Bima menampilkan salah satu inovasi terbaru yakni “SIM Delivery”.

Kegiatan pameran tersebut diikuti oleh seluruh polres yang tersebar dalam wilayah hukum Polda NTB, tak terkecuali juga Satker yang berada dalam naungan Polda NTB.

Menpan RB Dr. Asman Abnur, S.E, M.Si selaku ketua tim penilai mengunjungi seluruh stand yang disediakan oleh Polda NTB, termasuk juga mengunjungi stand milik Polres Bima.

Dalam kesempatan itu Kapolres Bima AKBP Bagus S. Wibowo, S.I.K terlihat menjelaskan tentang aplikasi SIM Delivery. Menurutnya, keberadaan aplikasi tersebut untuk memudahkan pemberian pelayanan kepada masyarakat.

Dijelaskannya, pemohon yang akan mendaftar dapat menghubungi nomor handphone admin sudah disebar melalui Facebook maupun Instagram. “Cara daftarnya sangat mudah. Pemohon cukup mengisi identitas pribadi sesuai kolom pertanyaan yang petugas kirimkan. Setelah diisi, pemohon bisa mendatangi Satpas untuk melakukan indentifikasi sidik jari, tanda tangan dan pengambilan foto,” jelasnya di hadapan Mepan RB.

Lanjut Kapolres untuk pemohon SIM baru, akan meliwati beberapa tahapan. Mulai dari uji teori, hingga uji praktik. “Jika lulus, pemohon akan kami arahkan ke loket cetak SIM,” ujarnya.

Sementara untuk SIM yang diperpanjang, tidak akan melalui mekanisme uji. Pemohon cukup diidentivikasi sidik jari, tanda tangan kemudian pengambilan foto. “Pelayanan SIM delivery akan kami tawarkan juga. Apabila pemohon SIM setuju, petugas kami akan mengantar langsung ke alamat pemohon SIM yang dimaksud,” tuturnya.

Diakui Bagus, hal itu dilakukan untuk memberikan kemudahan. Khususnya bagi masyarakat yang ada di wilayah kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Bima. “Kehadiran layanan ini dapat mempercepat proses. Karena pemohon sudah mengetahui mekanisme dan persyaratan pembuatan SIM lebih awal. Jadi tidak ada lagi masyarakat yang bolak balik karena tidak tahu persyaratannya.” pungkasnya.

Selain itu, stand Polres Bima juga menawarkan aplikasi sidik jari online. Hal itu mendapat apresiasi dari Menpan RB dan dihimbau untuk terus ditingkatkan.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close