Lomba Dakwah Santri, Cara Polres Dompu Gugah Kesadaran Tertib Lalu Lintas

Satuan Lalu Lintas Polres Dompu menggelar “Lomba Dakwah” antar santri pondok pesantren se-Kabupaten Dompu, Selasa (2/5), dipusatkan di Aula Mapolres Dompu.

Kegiatan perlombaan yang mengangkat tema “Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran (Kamseltibcar) Lalu Lintas” itu, sebagai upaya menekan angka kriminalitas dan taat aturan berlalulintas dan merupakan bagian dari Program Traffic Muslim Police Indonesia (Trampolin) yang diinisiasi Direktorat Lalu Lintas Polda NTB.

“Diharapkan anak-anak santri dalam dakwahnya, menyampaikan pesan-pesan kamseltibcar lantas kepada masyarakat,” kata Kasatlantas Polres Dompu IPTU I Gede Sukarta, SH., Kamis (3/5).

Dikatakan, peserta yang mengikuti perlombaan adalah santri utusan dari berbagai pondok pesantren yang ada di Kabupaten Dompu.

“Mereka diseleksi untuk nantinya akan bertanding di tingkat provinsi atau di Ditlantas Polda NTB” ujarnya.

Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Arman Achdiat, SIK., M.Si. saat dikonfirmasi kicknews.todaymengungkapkan, program Trampolin merupakan upaya kepolisian khususnya Ditlantas untuk melakukan pendekatan berbasis agama.

“Program ini diharapkan mampu menyentuh naluri keagamaan masyarakat untuk taat aturan berlalulintas, karena dalam agama juga tegas dikatakan bahwa taat aturan itu hukumnya wajib,” ungkapnya.

Dikatakan, dengan taat atau patuh aturan berlalulintas maka angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya dapat ditekan semaksimal mungkin.

“Nah, kalau anak-anak kita atau adik-adik pelajar itu sudah taat berlalulintas dan menyampaikannya kepada para orang tua atau masyarakat, apa iya kita sebagai orang tua nggak malu dengan adik-adik kita itu,” pungkasnya

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close