Comanderwish Kapolda NTB, Brigjen Drs. Achmat Juri, M.Hum

Mataram – Kabid Humas Polda NTB, AKBP, I Komang Suartana, SH, SiK, Senin (23/4/2018) pagi, menegaskan pelaksanaan Comanderwish itu telah dipaparkan pada Sabtu lalu yang dihadiri, Wakapolda NTB, Irwasda, para Kasatker Lingkungan Polda NTB, para Kapolres se NTB dan seluruh Pamen, pama, PNS Polri serta perwakilan Bintara dan Tamatama.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Brigjen Polisi, Drs. Achmat Juri mengakui bahwa apa yang telah dikerjakan selama ini sudah baik, sehingga perlu pertahankan dan di tingkatkan.

Hanya saja ia menekankan perlu peningkatan kewaspadaan pada situasi saat ini, karena Pemilukada masih berjalan dalam tahap kampanye.

“Bapak Kapolda menekankan di bulan puasa masih berlangsung dalam tahapan pelaksanaan kampanye, sehingga diperlukan kesiagapan ekstra untuk melakukan pengamanan,” itu yang menjadi harapan Kapolda, kata Kabid Humas, AKBP I Komang Suartana.

Kondisi yang sampai sampai pada menjelang pelaksanaan Idul Fitri 1439 Hijriyah, pengawasan masih terus dilakukan. Sebab pada tahapan ini keamanan wilayah masih terus terjaga dengan baik.

Menurutnya, kondisi ini harus dijaga dan perlukan deteksi dini dalam mengantiaisipasi munculnya konflik social yang mengarah pada konflik SARA.

“Para Kapolres harus dapat memetakan wilayah – wilayah yang menjadi tanggungjawabnya, mana saja yang rawan yang berpotensi terjadinya konflik social,” ujarnya.

Kerawanan ini perlu diatensi sehingga tidak muncul pada saat pilkada serentak. Seketika terjadi permasalahan, maka polisi sudah siap mengantisipasi. Itu gunanya kewaspadaan dan deteksi dini.

Selain itu, para Kapolres dapat mengoptimalkan peran babinkamtibmas sebagai ujung tombak polri terdepan apabila ada persoalan di Desa dapat segera diatasi dan tidak menjadi besar dan meluas. Demikian juga Kapolres dapat turun ke ke desa–desa, sebagai wujud kehadiran negara ditengah masyarakat.

Kapolda NTB, juga mengajak semua anggota Polri dan TNI, agar selalu kompak baik diinternal maupun dengan satuan masing–masing, sehingga TDK ada yg mengadu domba Polri dan TNI.

“Sejatinya TNI dan polri bekerja bersama–sama untuk melayani masyarakat guna terciptanya Kamtibmas yang didambakan masyarakat juga sebagai wujud pengabdian kepada bangsa, negara dan masyarakat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close