Personil TNI/Polri Hijaukan Kawasan Hutan Dusun Lendang Damai

Mataram, Ratusan personil TNI dan Polri bersama aktivis lingkungan hidup dan masyarakat di dusun Lendang Damai, Desa Mareje Timur, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (11/4/2018) pagi, menggelar kegiatan penghijauan.

Tampak terlihat TNI dari Korem 162 Wira Bhakti dan Kodim Lombok Barat serta Polair Polda NTB  bersama masyarakat dan pelajar melakukan penanaman pohon.

Kegiatan dengan thema “Hijaukan Indonesia Untuk Generasi Penerus Bangsa,” ini di gelar dalam rangka menghijaukan kembali kawasan hutan yang rusak akibat penjarahan.

Dandim 1606/Lombok Barat, Letkol (Czi) Joko Rahmanto disela-sela kegiatan penghijauan menyatakan kondisi kawasan hutan di pulau lombok, diakui  saat ini sudah sangat menghawatirkan sehingga perlu penanganan yang lebih serius melalui penghijauan.

“Kami menyadari kerusakan hutan disebabkan karena maraknya kasus ilegal loging,” ucap Letkol (Czi) Joko Rahmanto.

Alih fungsi lahan hutan menjadi penyebab berkurangnya kawasan hutan, termasuk hilangnya sejumlah  titik mata air. Langkah perbaikankannya tentu memerlukan jangka waktu yang cukup lama.

Joko menegaskan upaya terus dilakukan secara terpadu melalui pencegahan terhadap pelaku ilegal logging. Sambil memberikan pennyuluhan kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kawasan hutan.

“Pemerintah memberikan kesempatan kepada masyarakat  dengan  membangun hutan tanam industri, hutan tanam rakyat,  tanpa merusak ekosistem yang ada,” jelasnya.

Seperti di ketahui bersama bahwa bencana alam yang terjadi diwilayah Indonesia ini  khususnya di wilayah Kabupaten  Lombok Barat disebabkan oleh kerusakan hutan.

“Kegiatan penghijauan ini  sebagai langkah awal dalam penanggulangan kerusakan hutan dan mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor,”  jelas Dandim Joko Rahmanto.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close