Kapolda NTB: Kinerja Kepolisian Tak Berarti Bila Humas Tidak Bagus Bekerja

Mataram, Kapolda Nusa Tenggara Barat, Brigjen (Pol) Drs. Firli, M.Si Selasa (10/4/2018) siang melantik  dua pejabat utama dilingkungan Polda NTB.

Kabid Humas Polda NTB yang selama ini dijabat oleh, AKBP Dra. Tribudi Pangastuti, MM di gantikan oleh AKBP, Komang Suartana, SH, SIK yang sebelunya menjabat Wadir Dir Pamobvit Polda NTB.

Pejabat lama, AKBP Drs. Tribudi Pangastuti, MM selanjutnya menjabat   sebagai Inspektur Bidang Pembinaan (Irbidbin) Itwarda Polda NTB.

Sementara, jabatan Kabid TI yang selama ini dijabat oleh  AKBP, Edy Septanto   digantikan oleh AKBP Yayan Hartadi, SIK yang sebelumnya menjabat  Kabid TI Polda NTB.

Sementara  pejabat lama AKBP, Edy Septanto dimutasi untuk memegang jabatan Kasubdit Pemeliharaan dan Fasilitas Polda NTB.

Acara pelantikan dan serah terima jabatan di hadiri, Wakapolda NTB, Tajuddin, MH,  para pejabat utama, para Kapolres se pulau lombok dan PNS dilingkungan Polda NTB, di gelar sejak siang hingga sore hari  pada   acara pisah sambut.

AKBP,  Tribudi Pangastuti, MM mengawali kariernya di Kepolisian    bertugas di  Humas Polda NTB. Dengan demikian nama AKBP Tribudi Pangastuti tidaklah asing di kalangan wartawan yang bertugas melakukan peliputan di Polda NTB dan Jajaran.

Tribudi juga sempat bertugas di Biro Ops dan Biro SDM, kemudian kembali  menjabat sebagai  Kabid Humas Polda NTB selama 2 tahun 5 bulan dan kini  memegang jabatan baru sebagai Inspektur Bidang Pembinaan (Irbidbin) Irwasda Polda NTB.

“Bagi wartawan senior,  saya dianggap orang lama di Humas Polda NTB,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara pisah sambut.

Ia mengakui, selama Brigjen (Pol) Drs. Firli, M.Si memimpin Polda NTB, banyak sekali yang  harus pelajari, mulai dari bagaimana cara mengelola media  dan memasarkan institusi Polri, khususnya Polda NTB, agar terbentuk opini yang positif di tengah masyarakat.

“Kami betul-betul dipacu sekali dalam mengikuti speed  kegiatan dari bapak Kapolda yang sangat tinggi sekali. Sampai-sampai bapak Kapolda pernah menyampaikan bu…!! bapaknya dirumah ditinggal terus ya… Tuntutan  tegas dan cepat harus seperti itu, ” ujar Tribudi sambil tersenyum.

Sementara itu, Kapolda NTB, Brigjen Polisi Drs. Firli,M.Si dalam sambutannya menyatakan, kinerja kepolisian tak akan berarti bilamana Humas tidak bagus bekerja, termasuk bidang  Pelayanan Informasi, sangat  penting mendukung kerja kepolisian.

Selain itu, Firli juga menegaskan Humas dapat menjadi motor penggerak transparansi kerja kepolisian. Misalnya untuk perkara-perkara pidana yang ditangani penyidik.

“Sampai hari  ini kita tidak tahu berapa berkas perkara yang selesai. Krimsus boleh ungkap kasus banyak, narkoba banyak, kinerja lain bisa bagus tapi tidak ada produk yang hebat tanpa marketing yang hebat,” jelasnya.

Dalam hal lain, Humas dapat menjadi penggerak sinergi kepolisian dengan instansi lain maupun masyarakat, dalam hal menjaga ketertiban.

Menurutnya, kerja Humas mendukung capaian reformasi kultural dan peningkatan kinerja. Firli menyebut peningkatan partisipasi masyarakat dalam menjaga ketertiban dapat dipacu oleh humas.

“Kerja Humas di dalam commander wish Kapolri ada manajemen media. Hal itu sebagai salah satu hal yang menentukan kepercayaan masyarakat,” sebut Firli.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close