Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Firli, M.Si Hari ini Dilantik Jadi Deputi Penindakan KPK

pelantikan Brigjen Pol. Drs. Firli, M.Si menjadi Deputi Penindakan di KPK

Mataram – Komisi Pemeberantasan Korupsi (KPK) resmi melantik Brigjen Pol. Drs, Firli, M.Si sebagai Deputi Penindakan. Orang yang masih menjabat sebagai Kapolda NTB itu menggantikan posisi Heru Winarko yang menjadi Kepala BNN. Pelantikan Firli dilakukan langsung oleh Ketua KPK Agus Rahardjo di gedung Merah Putih, Jakarta Selatan.

Di kutip dari media kumparan.com, selain melantik Deputi Penindakan, Agus juga melantik Supardi sebagai Direktur Penuntutan KPK. Supardi adalah jaksa dari Kejaksaan Agung yang sudah lama berkarier di KPK. Saat ini, ia merupakan pelaksana tugas Direktur Penuntutan KPK. Pelantikan ini akan menjadikannya pejabat definitif.

“Demi Allah, Saya bersumpah bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini baik langsung maupun tidak langsung dengan rupa atau dalih apapun juga tidak memberi atau menyanggupi akan menerima sesuatu pada siapapun juga. Bahwa saya akan setia dan taat pada Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Firli dan Supardi pada saat pelantikan, di gedung Merah Putih, Jakarta, Jumat (4/6).

Dengan mengucapkan syukur, saya resmi melantik Saudara Firli sebagai Deputi Penindakan dan Direktur Penuntutan, Pak Supardi. Semoga Allah memberkati saudara-saudara dan menjalankan tugas untuk kepentingan rakyat Indonesia,” kata Agus.

Usai pembacaan sumpah, keduanya kemudian menandatangani berita acara di depan Agus.

Sebagai Deputi Penindakan KPK, Firli nantinya akan membawahi bidang penindakan, termasuk penyelidikan, penyidikan, hingga penuntutan. Penetapan seseorang menjadi tersangka serta operasi tangkap tangan KPK, termasuk menjadi kewenangan Firli.

Pelantikan ini dihadiri oleh empat orang pimpinan KPK. Hanya Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif yang tak terlihat berada di lokasi. Sejumlah pegawai KPK juga tampak menghadiri pelantikan.

Selain mengundang pihak internal, KPK juga mengundang sejumlah perwakilan dari aparat penegak hukum lainnya. Terlihat hadir Kabareskim Mabes Polri Komisaris Jenderal Pol. Drs. Ari Dono Sukmanto, Wakil Jaksa Agung Arminsyah, serta Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Heru Winarko. (yos)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close